Usia Sudah 90 Tahun Ibu Mooryati Soedibyo Selalu Tampil Menarik 

Ibu Mooryati Soedibyo bersama Presiden Jokowi (foto Liputan6)


PILARBANGSANEWS. COM. JAKARTA,- Selalu tampil apik dan manrik dimuka umum, dengan ciri khas menganakan busana nasional kebaya, rambut yang disanggul rapi seperti wanita bangsawan jawa tenpoe doeloe. Begitulah performa wanita berdarah biru dikenal dengan  Ibu Mooryati Soedibyo, seorang pengusaha  sekaligus pendiri perusahaan Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia di usia 90 tahun pada Jumat (5/1/2018). Perayaan meriah pun digelar di Hotel Four Season Jakarta.

Tak tanggung-tanggung, acara ini dihadiri oleh tokoh besar di Indonesia, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, jajaran menteri Kabinet Kerja, hingga sejumlah artis ternama.

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam malam syukuran hari ulang tahun genap 90 Tahun BRA Mooryati Soedibyo. Dalam sambutannya tersebut, Jokowi pun mengatakan Ibu Mooryati Soedibyo adalah sosok dari perempuan perkasa.

Keperkasaan dari seorang Mooryati Soedibyo pun telah dibuktikan di usianya yang 90, ia masih tetap terlihat anggun dan cantik. Lalu, apa rahasia awet muda dari Mooryati Soedibyo?

Terkenal dengan kecantikan, jamu tradisional, dan keraton

Ibu Mooryati sendiri merupakan anggota dari Keraton Surakarta Hadinigrat. Wanita yang dijuluki “Empu Jamu” ini merupakan cucu Sri Susuhunan Pakoe Boewono X Keraton Surakarta. Tak heran jika Mooryati sangat lekat dengan kehidupan keraton.

Ibu Mooryati Soedibyo diboyong oleh sang ayah KRMTA Poornomo Hadiningrat ke Keraton Surakarta ketika berumur 3 tahun. Keraton Surakarta sendiri dikenal dengan sumbernya kebudayaan Jawa.

Sehingga Ibu Mooryati mulai membiasakan diri dan menghayati tradisi budaya keraton. Meski tumbuh di lingkungan keraton, Ibu Mooryati tetap memberlakukan hidup sehat sejak muda.

Ia masih tampak bugar dan awet muda di usianya yang tak lagi muda. Ada 3 rahasia yang dimiliki Ibu Mooryati untuk awet muda. Pertama adalah olahraga. Menurutnya, dengan rajin berolahraga, tubuh pun menjadi lebih bahagia.

“Dengan rajin berolahraga, tubuh tidak hanya dapat mengeluarkan racun-racun tetapi juga dapat memproduksi hormon-hormon pemicu rasa bahagia seperti dopamine dan serotonin,” ujar Ibu Mooryati.

Tak hanya melakukan olahraga secara fisik, menurut Ibu Mooryati, mental seseorang juga butuh olahraga. Sehingga ia pun rajin melakukan meditasi dan berdoa agar fisik dan jiwanya terhindar dari tekanan.

Puasa dan Jamu

Pendiri PT Mustika Ratu Tbk, Mooryati Soedibyo memberi tumpeng ke Wakil Presiden Jusuf Kalla pada perayaan ulang tahunnya yang ke 90 di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (5/1). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pendiri PT Mustika Ratu Tbk, Mooryati Soedibyo memberi tumpeng ke Wakil Presiden Jusuf Kalla pada perayaan ulang tahunnya yang ke 90 di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (5/1). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Rahasia kedua awet muda dari Ibu Mooryati adalah berpuasa. Berpuasa menjadi cara yang paling ampuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Terakhir, adalah minum jamu. Jamu sudah melekat pada kehidupan Mooryati sejak kecil. Ia mempelajari khasiat tumbuhan sebagai jamu ketika ia masih berada di Keraton Surakarta. Pengetahuan yang ia miliki tentang jamu pun membuat ia membuka usaha jamu tradisional. Tak heran, jika dirinya pun dijuluki sebagai “Empu Jamu”

“Sejak muda saya rajin minum jamu. Saat ini pun saya masih rajin. Saya biasanya minum beras kencur yang saya buat sendiri di rumah,” tutup Ibu Mooryati.

Selamat ulang tahun, sehat dan bahagia selalu, ya Bu!

Belviana Nurtania

Sumber : Liputan6.com