​Prof.Eje Kim dari Korea Kagum Pada Perempuan Minang

PILARBANGSANEWS. COM. BUKITTINGGI,–Asisten Pemerintahan dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Bukittinggi Noverdi didampingi Kabag.Tata Pemerintahan Umum Hendri menerima kunjungan Prof.Eje Kim dari Universitas Geongngi of Education Korea Selatan, Kamis (11/1).

Prof.Eje Kim merupakan seorang ahli Geografi yang telah mengunjungi 100 negara di dunia, dalam kunjungannya menyampaikan bahwa maksud kedatangannya adalah untuk bersilahturrami dengan Pemerintah Kota Bukittinggi dan mohon dukungan untuk pembuatan buku barunya setelah sehari sebelumnya sebagai nara sumber pada Seminar Nasional Budaya dengan tema Padusi (Perempuan) Minangkabau di Mata Dunia, di Gedung Tri Arga Istana Bung Hatta Bukittinggi, Rabu (10/01) yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Ulang Tahun Ikatan Kartini Profesional Indonesia (Ikapri) yang pertama.

Emalinda Chaidir selaku ketua Ikapri yang turut mendampingi Eje Kim menjelaskan bahwa Seminar yang dilaksanakan tersebut adalah berdasarkan hasil penelitian dari Prof. Eje Kim yang mengatakan bahwa Perempuan Minangkabau merupakan Perempuan Terkuat di Dunia, bahkan lebih kuat dibanding perempuan Inggeris. “Seminar ini berangkat dari penelitian yang dilakukan Prof. Eje Kim, bahwa Perempuan Minangkabau merupakan Perempuan Terkuat di Dunia, bahkan lebih kuat dibandingkan perempuan Inggris, dan mudah – mudahan hal ini menjadi inspirasi bagi perempuan Minangkabau khususnya” jelas Emalinda.

Prof.Eje Kim yang juga seorang penulis dan pencinta Durian serta Kopi ini telah melakukan penelitian dan menulis tentang Perempuan Minangkabau dan  merasa terpesona dengan system budaya  matrileneal.  Beliau salut dengan kekuatan  perempuan minang yang menjadi inspirasinya seorang jurnalis Rohana Kudus, dalam tulisannya kedepan akan mengeksplore lebih banyak khususnya keindahan Bukittinggi  dan termasuk kulinernya.

“I love Minangkabau, I Love Bukittinggi,  saya mohon dukungan dan support pemerintah Kota Bukittinggi untuk menulis tentang Bukittinggi dan kulinernya serta tentang tokoh yang saya kagumi Rohana Kudus dan Siti Manggopoh” ujarnya.  

Noverdi menyambut baik maksud dan tujuan dari Prof.Eje Kim yang akan menulis lebih banyak tentang Minagkabau dan Bukittinggi khususnya.

“kita tentunya mengapresiasi dan menyambut baik Prof.Eje Kim yang akan menulis lebih banyak tentang Perempuan Minangkabau dan Kota Bukittinggi, dan kita berharap juga dia menulis tentang Kuliner Bukittinggi seperti Nasi Kapau dan Kopi Bukik Apik agar lebih dikenal dunia, dan ini secara tidak langsung tentu merupakan promosi bagi kepariwisataan Bukittinggi”, ujarnya.

Pada silahturrahmi tersebut Prof. Eje Kim didampingi Emalinda Chaidir, Elda Gusni, Febria Sri Artika, Swari Wesha Arini dari Ikapri dan putranya Ashley Kim. Pertemuan diakhiri dengan pemberian cendramata dari Prof.Eje Kim berupa Buku hasil karyanya dengan judul Happy Yummy Journey dan penyerahan cendramata dari Pemko Bukittinggi oleh Noverdi. (Ylm)
 
 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *