Internasional

Deplu AS Tambahkan Pimpinan Hamas Ismael Haniyeh Dalam Daftar Teroris

PILARBANGSANEWS. COM. WASHINGTON,– Departemen Luar Negeri AS pada hari Rabu menambahkan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh ke dalam daftar terorisnya.

Haniyeh, pemimpin dan kepala Biro Politik Hamas, ditunjuk sebagai Specialised Global Terrorists (SDGTs) khusus dengan tiga kelompok lainnya.

Semua properti dan kepentingan mereka di properti yang tunduk pada yurisdiksi A.S. akan diblokir, dan orang A.S. umumnya dilarang melakukan transaksi dengan mereka. Mereka juga akan ditolak untuk mengakses sistem keuangan A.S..

Gerakan Islam Hamas mengecam pada hari Rabu keputusan A.S. untuk mendaftarkan kepala politburo Hamas di antara daftar teroris. Para pemimpin gerakan tersebut mengatakan bahwa mereka menganggap keputusan A.S. itu “konyol.”

Ini adalah usaha yang gagal untuk menekan perlawanan bersenjata Palestina, juru bicara Hamas di Gaza Hazem Qassem mengatakan dalam sebuah pernyataan email.

“Ini tidak akan pernah mematahkan tekad kami untuk terus bertahan dan bertahan sampai menyingkirkan pendudukan Israel,” kata Qassem.

Hamas ditunjuk pada tahun 1997 sebagai Organisasi Teroris Asing dan pada tahun 2001 sebagai SDGT oleh Amerika Serikat.

Departemen Luar Negeri A.S. mengatakan bahwa Haniyeh “dilaporkan telah terlibat dalam serangan teroris terhadap warga Israel.”

Ia menambahkan bahwa Hamas telah bertanggung jawab atas 17 kelahiran Amerika yang tewas dalam serangan teroris.

Pemerintahan Trump telah meningkatkan retorikanya terhadap pihak Palestina untuk menekannya kembali ke meja perundingan dengan Israel, membekukan bantuan kepada para pengungsi Palestina.

Pada bulan Desember, 2017, Presiden A.S. Donald Trump mengumumkan pengakuan negaranya terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan mengumumkan untuk memindahkan kedutaan A.S. dari Tel Aviv ke kota, yang memicu kemarahan dan penghukuman global.

Sebagai tanggapan, Komite Eksekutif Pembebasan Organisasi Pembebasan Organisasi Pembebasan Rakyat (WHO), Saeb Erekat, mengatakan bahwa pernyataan tersebut “mempermalukan Muslim, Kristen dan Yahudi di seluruh dunia.”

“Mereka yang percaya bahwa masalah Yerusalem telah dihapus dari meja perundingan, harusnya tahu bahwa perdamaian juga dikeluarkan dari meja perundingan,” kata Erekat, menambahkan bahwa “ucapannya dengan jelas menunjukkan bahwa dia tidak akan pernah menjadi sponsor yang relevan untuk perdamaian.”

Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) mengumumkan pada 24 Januari penolakannya terhadap setiap prakarsa perdamaian A.S. kecuali jika administrasi A.S. menarik kembali pengakuannya atas Yerusalem sebagai ibukota Israel.

“Amerika tidak dapat lagi bertindak sebagai perantara jujur dalam negosiasi antara Palestina dan Israel setelah deklarasi ilegal Yerusalem,” kata Saeb Erekat dalam sebuah wawancara pers.

Pada bulan April 2014, sembilan bulan pembicaraan damai langsung antara Israel dan Palestina yang disponsori oleh Amerika Serikat berakhir tanpa adanya terobosan karena perbedaan yang mendalam pada permukiman Israel dan pengakuan sebuah negara Palestina dengan Yerusalem timur sebagai ibukotanya. (Kantor berita Xinhua)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *