Anak Petani Siswa MTsN 3 Solok Lulus Di SMAN 2 Sumbar 

.

Pilarbangsanews. Com. Solok,– Prestasi luar biasa ditorehkan siswa-siswa MTsN 3 Solok pada penerimaan siswa baru SMA Negeri 2 Sumbar tahun ajaran 2018-2019. Madrasah yang beralamat di Jalan Gajah Mada No.32 Alahan Panjang Lembah Gumanti, Kabupaten Solok itu, mengantarkan 8 siswanya ke sekolah unggul di Sumbar tersebut. Lebih luar biasa, Rahman Wila Azani memuncaki daftar dari 118 siswa yang diterima di SMAN 2 Sumbar. Bagaimana keseharian Zani Berlin dapat mengharumkan nama MTsN 3 Solok?

Rahman Wila Azani

Pendiam, sederhana dan bersahaja. Kesan pertama yang langsung dapat ditarik dari Rahman Wila Azani, siswi kelas IX A, MTsN 3 Solok. Ibarat ilmu padi yang semakin berisi lebih banyak lagi, Zani (16) sama sekali tanpa ekspresi dari saat yang sama di SMAN 2 Sumbar. Senyum kegembiraan baru memancar di saat saat ini.

Seakan ungkapan hidup harus berjalan (hidup harus terus berjalan), tidak ada perayaan dari anak dari Wirdanus (42) dan Ernila Murni (40) tersebut. Zani malah mengaku sibuk menyiapkan “kehidupan baru” di Asrama SMAN 2 Sumbar di Koto Gaek, Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Dibesarkan dengan hasil ladang di Salimpek, Alahan Panjang, Zani tumbuh menjadi anak yang tahu dengan nasib. Hanya dengan belajar keras dan sungguh-sungguh, dia bisa meraih cita-cita dan menyenangkan hati orang kedua orang yang setiap hari menghabiskan usia di ladang, demi Zani dan kedua adiknya.

“Ladang adalah hidup kami. Kalau ingin mengubah nasib, pendidikan adalah jalan utama untuk masa depan. Perasaan tertinggi, adalah saat kami membawa hasil terbaik, untuk ‘menghapus dan membayar’ orang tua tua kami, ”katanya.

Anak pertama dari tiga bersaudara yang bercita-cita menjadi dosen ini, selalu mengedepankan disiplin dan orang tua sebagai kunci hidup. Menurut Zani, hanya dengan kedisiplinan dan keridhaan orang tua, dia mampu mempersembahkan yang terbaik. Siswi kelahiran 16 Juli 2002 ini, menyatakan tidak ada sesuatu prestasi yang datang dengan instan.

“Doa dan ridha orang tua sangat dahsyat pengaruhnya. Demikian juga guru-guru, yang merupakan orang tua kami di sekolah. Karena itu, saya sangat ingin menjadi dosen. Karena mereka adalah guru dari guru kami, ”ungkapnya.

Kecerdasan Zani juga diikuti oleh kedua adiknya, Zefan Alamsyah (Siswa kelas 4 SDN 22 Salimpek) dan Althaf Farizki (1).Zefan selama ini juga menjadi langganan juara di sekolahnya. Kecerdasan Zani sudah terlihat sejak SD. Di kelas 1, pada semester 1 rangking 4, di semester 2 rangking 1. Lalu di kelas 2, semester 1 rangking 3 dan semester 2 rangking 1. Di kelas 3 hingga kelas 6, Zani selalu meraih rangking 1.

Di MTsN 3 Solok, sejak kelas 1 hingga kelas 3, Zani selalu menjadi juara 1, sekaligus juara umum di sekolahnya.Diagam perlombaan antarsiswa, menikmati, Zani meraih juara harapan 3 cabang matematika dalam “SMPN 2 Solok Science and English Festival”, Juara 1 Mapel UN dan Agama dalam “The Rising Star Competition 2018” di MAN 1 Kotobaru Solok, dan Juara 1 Mapel UN antar siswa SLTP di SMPN 2 Lembah Gumanti.

Kepala MTsN 3 Solok, Maidison, menyatakan pihaknya sangat bangga dengan lulusnya 8 siswa MTsN 3 Solok di SMAN 2 Sumbar ini. Melengkapi pada tahun ajaaran 2017-2018 tidak ada nama siswa MTsN 3 Solok yang diberikan di SMAN 2 Sumbar dan hanya satu orang yang lulus pada tahun ajaran 2016-2017.

“Alhamdulillah. Kita sangat bangga atas prestasi ini. Selamat untuk para siswa dan terima kasih untuk para guru yang telah mendidik dan mendampingi para siswa-siswi ini hingga diterima di SMAN 2 Sumbar. Kita bisa keemasan, dan banyak lagi siswa-siswi yang pantas di sekolah-sekolah favorit, ”ungkap Maidison.

Kedelapan siswa berdasarkan urut kelulusan tersebut adalah 1. Rahman Wila Azani, 3. Ahlul Zikri, 6. Muhammad Alfito Faroz, 7. Rahma Wulandari, 22. Shannaz Izzati Frishilla, 63. Dian Oktaviana Putri, 78. Gian Sri Yuliandera, 108. Vanesa Hasna Rahma.

Sementara itu kepala Kantor Kementerian Agama, Solok Alizar Chan, didampingi Kasi Penmad Syamsul Bahri, saat ini menerima kabar gembira yang tercakup di atas prestasi MTsN 3 Lembah Gumanti ini.

“Selamat untuk ananda dari MTsN 3 Solok.Keberhasilanmu kebanggaan kami.Semoga Ananda semua di SMAN 2 Sumbar, menjadi perwujudan komitmen “Madrasah Hebat Bermartabat”. Rajinlah belajar tingkatkan prestasi, walau nanti Ananda sudah menjadi siswa SMA, madrasah akan tetap terhormat karena menjadi bagian sejarah hidup ananda sekalian, ”ujar Alizar Chan. (Rizal Islami)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *