Satgas Pangan Provinsi Lampung Berhasil Tekan Kenaikan Harga Daging Ayam Dan Telur Serta Kebutuhan Pokok

.

Pilarbangsanews.com, Lampung, Tim Satgas Pangan Provinsi, tinjau PT So Good di jalan Raya Negeri Sakti, Gedongtataan, Pesawaran, peternakan ayam di Pekon Tegalsari, Gadingrejo, Pringsewu, dan gudang distributor jual dan beli telur ayam di Kampung Jepang, Desa Krawang Sari, Natar, Lampung Selatan, pada Rabu (23/5) sore.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung, Ferynia, didampingi Kasubid Penmas Polda Lampung, AKBP. Yunia mengatakan, tim Satgas Pangan Provinsi Lampung hari ini kembali melakukan pemantauan tempat pemotongan ayam dan cara memproses daging ayam, di PT So Good.

“Tidak hanya itu, tim Satgas Pangan Provinsi juga memantau peternakan ayam dan gudang distributor jual beli telur ayam,”kata Ferynia.

Lebih lanjut kata Feryani, jelang bulan puasa hingga hari ini, harga pangan seperti, daging dan telur harganya dominan naik. Oleh sebab itu, tim Satgas Pangan Provinsi kembali melakukan pemantauan untuk mengetahui apa permasalahannya dan bagaimana cara mengatasinya.

“Alkhamdulillah, awalnya daging ayam potong dari harga Rp 38 ribu, kemarin mengalami penerunan harga sekitar Rp 750. Begitu pula dengan harga telur ayam. Penurunan itu tentunya sudah diketahui oleh para distributor daging dan telur ayam,”ujarnya.

Menurutnya, selama ini stok pangan seperti, beras, daging dan telur, di Provinsi Lampung Surplus, bahkan Provinsi Lampung bisa memasok Provinsi terdekat di Sumatera dan Jawa.

“Dalam mengatasi persoalan yang terjadi, Satgas Pangan Pusat memberi tugas kepada tim Satgas Provinsi melakukan pemantauan ke kandang ayam. tadi, ditingkat kandang aman-aman saja, harganya memang agak tinggi dibanding biasanya yang hanya Rp 17 ribu hingga Rp 18 ribu, namun saat ini mencapai Rp 23 ribu. Bukan kita tidak memperbolehkan untuk menaikan harga, karena itu sah-sah saja. Sebab, bila permintaan tinggi maka harga pun akan naik. Tetapi perlu diingat, kenaikan harga harus disesuaikan atau masih dalam batas kewajaran, karena di Lampung masih banyak penduduk miskin,”

Kemarin Satgas Pangan menemukan persoalan harga beras yang cukup tinggi pada bulan November 2017, namun pada bulan Mei 2018, harga beras berangsur-angsur mulai turun. “Intinya, setiap persoalan yang kita temukan itu akan kita laporkan ke Satgas Pangan Pusat,”ungkapnya.(Ezl)
[24/5 09.27] Erizal Syaputra Jatim: DPRD Deli Serdang Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati Deli Serdang 2017.

Pilarbangsanews.com, Lubuk Pakam, DPRD Deli Serdang menyampaikan rekomendasi LKPJ ( Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban ) Bupati Deli Serdang Tahun Anggaran 2017, pada Sidang Paripurna DPRD yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kamaruzzaman Sag dan Imran Obos SE yang dihadiri Plt Bup[ati Deli Serdang H Zainuddin Maras,Sekdakab Darwin Zein S.Sos, unsur FKPD serta pimpinan OPD Pemkab Deli Serdang, Selasa (22/5).

Sidang Paripurna diawalai pembacaan lapotran Pansus DPRD oleh juru bicara Mhd Darwis Batubara Mpd diantaranya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang telah mampu meningkatkan pendapatan asli daerah dari Tahun 2016. Apresiasi yang sama juga disampaikan atas keberhasilan pemerintah Kabupaten yang telah memperoleh lebih kurang empat belas penghargaan dari pemerintah pusat. Harapan panitia khusus,agar keberhasilan yang dicapai dalam penyelenggaraan pemerintahan tahun anggaran 2017 tersebut dapat menjadi motivasi untuk mencapai keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan pada tahun anggaran 2018.

Dalam rekomendasi yang disampaikan tersebut diantaranya juga menyatakan dalam rangka pengendalian dan pengamanan jalan, Pemerintah Kabupaten harus melakukan kebijakan terhadap pengendalian muatan dan pengamanan jalan Kabupaten untuk menjaga umur jalan dari kerusakan yang diakibatkan oleh kelebihan muatan, khususnya oleh kenderaan yang mengangkut hasil galian C pada semua ruas jalan Kabupaten.

Juga dalam mewujudkan visi misi Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang yang berdaya saing, Pemerintah Kabupaten harus meningkatkan kinerja SKPD/OPD yang menangani urusan bidang ekonomi dan perdagangan, sehingga pelaku ekonomi yang berbasis kerakyatan memiliki kekuatan untuk berdaya saing dengan pelaku ekonomi lainnya.

Sementara Plt Bupati H Zainuddin Mars dalam sambutannya menyampaiakan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD atas semua masukan sampai kepada rekomendasi yang telah diberikan terhadap LKPJ akhir tahun 2017 Bupati Deli Serdang , juga menyatakan bahwa penyelengga Pemerintahan yang telah dilaksanakan selama priode 2017 lalu, meskipun telah dilaksanakan dengan penuh kesungguhan diiringi optimistis yang tinggi, namun dalam aplikasinya tetap disadari belum semua program kegiatan dapat terselenggara dengan baik dan optimal sebagaimana harapan bersama .

Berbagai tantanagan dan kendala masih dihadapi, diantaranya disamping belum tercapainya perolehan target Pendapatan Daerah yang sudah ditetapkan , juga masih menyisakan berbagai hal yang harus diselesaikan lagi ke depan terutama bidang penaganan infrastruktur jalan, pendidikan,kesehatan dan berbagai sektor lainnya secara berkesinambungan.(Ezl)