Ads 2

Objek Wisata Curug Panjang Ramai Dikunjungi Wisatawan

Musi Rawas, Pilarbangsanews.com,-

Pesona Obyek Wisata Air Terjun Curug Panjang, Desa Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti terus menjadi buah bibir wisatawan. Hari libur obyek wisata yang baru ‘’viral’’satu bulan terakhir terus didatangi oleh wisatawan baik lokal maupun regional bahkan ada juga wisatawan dari luar pulau sumatera seperti Bogor, Bandung, Jogjakarta dan Daerah lainnya.

Tercatat, setiap akhir pekan, sabtu dan minggu setidaknya lebih dari 500 wisatawan yang mengunjungi obyek wisata Curug Panjang ini, selain untuk menikmati panorama alam yang eksotik dan alami, juga untuk mengisi hari libur dengan bersuaphoto dan mandi.

Wisatawan yang berkunjung ke Curug Panjang ini tidak perlu takut dengan parkir dan keamanan kendaraan, pasalnya Pemerintah Desa dan Karang Taruna serta Masyarakat Durian Remuk telah berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kendaraan wisatawan.

Selain itu, lokasi parkir bagi wisatawan sudah disediakan oleh pengelola baik roda dua maupun roda empat. Untuk menjaga keamanan kendaraan ini, wisatawan harus merogoh kocek Rp 10 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp 5 ribu untuk roda dua. Untuk masuk ke obyek wisata, pengelola menarik retribusi Rp 2 ribu sebagai uang jasa kebersihan.

Sembari menikmati Air Terjun Curug Panjang, di lokasi ini juga telah tersedia tempat duduk dari bambu dan disekitarnya ada warung yang menyajikan minuman dan makanan ringan. Bagi wisatawan yang ingin mandi, juga telah disediakan oleh pengelola tepat ganti pakaian dan alat bantu renang untuk anak-anak seperti pelampung bebek.

Untuk menjaga keamanan wisatawan yang ingin mandi, pengelola telah menentukan spot-spot yang aman dan memberikan tanda peringatan untuk daerah-daerah yang berbahaya dengan tulisan ‘’hati-hati disini licin’’ dan kata-kata lainnya. selain itu, pengelola juga terus memantau dan memperingati wisatawan yang selfie di air terjun khususnya ditempat-tempat rawan.

Kepala Desa Durian Remuk, Surya mengungkapkan pihaknya sangat bangga karena Obyek Wisata Curug Panjang ini saat ini telah menjadi perhatian Wisatawan. Pihaknya terus melakukan evaluasi dan perencanaan untuk pengembangan obyek wisata ini sehingga dapat lebih dikenal dan memanjakan wisatawan.

Dikatakan, Surya dengan dikembangkannya obyek wisata ini maka banyak hal yang positif yang dicapai, seperti membuka lapangan pekerjaan dan meningkatan perekonomian masyarakat yang pada akhirnya akan memajukan desa Durian Remuk ini.

Mengakhiri, Surya mengucapkan terimah kasih kepada Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dan Ketua Tim Penggerak PKK Musi Rawas, dr Hj Noviar Marlina Gunawan serta seluruh jajaranya yang telah memberikan perhatian penuh terhadap obyek wisata dan desa durian remuk ini. Terkhusus kepada Dinas Kominfo Mura, Dinas Pariwisata dan Radio Darussalam Sempurna 97,1 fm serta seluruh wisatawan yang terus mempromosikan Obyek Wisata Curug Panjang ini sehingga diketahui oleh banyak wisatawan.

Sementara Itu, wisatawan asal Bengkulu, Doris Munandar di lokasi Wisata mengungkapkan setelah Obyek Wisata ini viral di media sosial, dirinya langsung melakukan perencanaan untuk berkunjung ke Curug Panjang ini.

Diakuinya, khusus di Kota Bengkulu, Curug Panjang ini sudah menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dibicarakan di Media Sosial. Sebagaian masyarakat sudah mengetahui dan bahkan sudah banyak yang teah berkunjung ke Obyek Wisata ini.

Terkait dengan panoramanya, Doris mengakui Curug Panjang memiliki nilai tersendiri, selain masih tergolong alami juga dukungan Air Terjun yang membelah sungai memiliki ke esotikan dan ciri khasnya sendiri, ditambah cukup mudah untuk mengunjunginya.

Mengakhiri, dirinya menyarankan agar pengeloa dapat terus melengkapi fasilitas seperti membuat tempat ganti pakaian yang permanan dan aman, menata tempat berjualan sehingga tidak terkesan semerawut, menyajikan tempat selfie yang berlatarbelakang air terjun dan menjaga kebersihan serta keamanan.(Sahlin)