.

Ansor Padang Pariaman Matangkan Pelaksanaan Kirab Satu Negeri

Padang Pariaman,Pilarbangsanews. Com,– Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Padang Pariaman matangkan persiapan pelaksanaan Kirab Satu Negeri yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Di Padang Pariaman, Kirab Satu Negeri dipusatkan di Masjid Agung Syekh Burhanuddin, Ulakan, Padang Pariaman. Pelaksanaan Kirab Satu Negeri langsung dihadiri Tim Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor yang secara marathon perjalanan dari Propinsi Sumatera Utara.

Demikian diungkapkan Sekretaris Panitia Kirab Satu Negeri yang juga Sekretaris Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Padang Pariaman Alva Anwar, Sabtu (14/9/2018) malam, di Pauhkambar, Padang Pariaman. Pertemuan dihadiri segenap pengurus Ansor Padang Pariaman Alva Anwar, Pimpinan Anak Cabang dan kader Ansor lainnya.

Menurut Alva Anwar, dalam pelaksanaan Kirab Satu Negeri ini diselenggarakan Dialog Kebangsaan dengan menampilkan materi dari Pemerintah Daerah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan tokoh adat pada Senin (24/9) mendatang. “Hal ini dimaksudkan agar penguatan nilai-nilai kebangsaan dari sisi Pemerintah, ulama dan adat kita bangkitkan lagi. Insya Allah berbagai pihak yang dihubungi sudah memberikan dukungan agar Kirab Satu Negeri ini berjalan lancar,” kata Alva Anwar.

Selain Dialogi Kebangsaan, kata Zeki, juga dirangkai dengan Ziarah Kebangsaan ke makam ulama Syekh Burhanuddin dan Katik Sangko di Pulau Angso Duo. “Kita sedang upayakan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Untuk itu, Ansor melibatkan berbagai pihak sehingga pesan Kirab Satu Negeri untuk merekat dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan terwujud,” kata Alva Anwar.

Alva mengakui, akhir-akhir ini nilai-nilai kebangsaan di Indonesia semakin tergerus oleh serangan gerakan, nilai dan paham transnasional. Hal tersebut dapat mengancam keutuhan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang merupakan harga mati bagi Ansor. Kecintaan terhadap NKRI harus terus digelorakan agar tetap tumbuh dan bersemi di setiap jiwa anak bangsa.

“Kirab Satu Negeri juga bentuk dari bela agama yang dilakukan Ansor. Untuk itu, Ansor Padang Pariaman melakukan Ziarah Kebangsaan agar tahu dengan akar sejarah ulama/Islam di daerah ini. Sehingga kita akan libatkan penyuluh agama, generasi muda, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum untuk mengikutinya,” kata Alva menambahkan.

Menurut Alva, pernah jadi pembicaraan publik, akibat adanya pemberitaan media (social) yang tidak professional, menuding Ansor membubarkan pengajian. Kita ingin luruskan, tidak benar Ansor membubarkan pengajian. Yang benar adalah Ansor membubarkan pertemuan yang membahas bagaimana upaya merongrong keutuhan NKRI. Tapi pertemuan tersebut dikemas dengan bentuk pengajian. Sehingga pemberitaannya Ansor membubarkan pengajian.

Sebagai anak muda Nahdlatul Ulama, yang di dalam pengurus dan kadernya juga banyak ulama, Ansor pastilah sangat mendukung pengajian. Kader Ansor rutin mengadakan pengajian dan menjadi penceramah di berbagai pengajian, tutur Alva mengakhiri. (AT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *