Ads 2

Pengadilan Agama Segera Berkantor di Dharmasraya

Dharmasraya, Pilarbangsanews.com – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyambut kunjungan jajaran Pengadilan Agama Muaro Sijunjung, di ruang kerjanya, Rabu (10/09).

Kedatangan rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Muaro Sijunjung, Havizh Martius, tersebut adalah dalam rangka koordinasi terkait persiapan pelantikan Ketua Pengadilan Agama Dharmasraya, yang menurut rencana akan dilaksanakan di Auditorium Dharmasraya dalam waktu dekat ini.

Dalam diskusi antara bupati dengan rombongan dari Pengadilan Agama Muaro Sijunjung, yang dalam kesempatan itu juga hadir langsung Ketua Pengadilan Agama Dharmasraya yang akan dilantik, Azizah, disepakati kegiatan pelantikan akan dilaksanakan pada 1 November mendatang. Kegiatan pelantikan juga akan turut dihadiri oleh unsur pimpinan Pengadilan Agama se Sumatera Barat.

Bupati dalam kesempatan itu mengaku sangat menyambut baik rencana acara pelantikan personil Pengadilan Agama Dharmasraya. Bupati juga langsung menginstruksikan sejumlah pejabat terkait untuk menyiapkan segala sesuatu guna mendukung kelancaran acara tersebut.

“Nanti juga akan kita undang para camat, wali nagari, ketua MUI, Ketua LKAAM, KAN dan tokoh masyarakat untuk hadir. Ini juga sekaligus sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa Pengadilan Agama sudah ada di Dharmasraya,” ujar bupati.

Dikatakan bupati, kehadiran Pengadilan Agama di Dharmasraya memang sudah lama dinanti. Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bahkan sudah mengupayakan kehadiran Pengadilan Agama sejak tahun 2016 lalu.

“Kita bahkan juga sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan gedungnya, serta segala sesuatu hal untuk mendukung tugas jajaran personil Pengadilan Agama di Dharmasraya,” tukuk bupati.

Untuk itu, besar harapan bupati, dengan telah adanya Pengadilan Agama ini nanti, dapat memudahkan akses masyarakat Dharmasraya yang ingin mencari keadilan melalui Pengadilan Agama. Karena memang selama ini, urusan terkait peradilan agama masih dilaksanakan di Pengadilan Agama Muaro Sijunjung.

Adapun, untuk sementara waktu, menjelang gedung Pengadilan Agama dibangun, Pengadilan Agama Dharmasraya akan berkantor di kantor perwakilan Pengadilan Agama Sijunjung yang ada di Pulau Punjung, tepatnya di depan Pasar Pulau Punjung.(rjl/hms)