Sumatera Barat

1 Pleton Yonif 407/PK Melaksanakan Kegiatan Karya Bakti Pembersihan TMP

Tegal, Pilarbangsanews.com – Sebagai wujud penghormatan dan pengingatan nilai-nilai luhur para pahlawan, menjelang HUT yang ke -54, satu peleton anggota Yonif 407/PK melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Tegal, Jumat (19/10).

Kegiatan karya bakti pembersihan Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara dipimpin oleh Lettu Inf Thoriq Husen dan dibantu oleh pengurus dan penjaga TMP serta beberapa warga masyarakat setempat.

Selain pembersihan makam juga dilaksanakan pemasangan Pita Merah Putih di makam Kapten Damhuri Amir dan 50 makam lainnya. Hal ini sebagai tanda penghormatan khusus kepada para mantan anggota Yonif 407/PK yang telah gugur dalam mempertahankan NKRI dan dimakamkan di TMP Pura Kusuma Negara Tegal.

Lettu Inf Thoriq Husein menyampaikan bahwa karya bakti ini diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT Yonif 407/PK ke -54 dan wujud sinergitas anggota Yonif 407/PK untuk bergotong-royong dalam pembersihan TMP sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan yang telah gugur dan dimakamkan di TMP Pura Kusuma Negara Tegal ini.

Karya bakti dimulai dengan sasaran pembersihan rumput-rumput yang ada di luar lingkungan TMP, di dalam area makam pun tidak ketinggalan menjadi sasaran pembersihan. Anggota Yonif 407/PK merapikan rumput yang sudah kelihatan tinggi dan menyapu kotoran dedaunan yang berserakan di area makam sehingga lingkungan TMP tampak lebih rapi dan indah dari sebelumnya.

Berbekal dengan perlengkapan dan peralatan kebersihan yang sederhana, namun pelaksanaan karya bakti perbersihan TMP tersebut dapat berjalan dengan maksimal berkat kerjasama yang baik dari setiap anggota Yonif 407/PK dan masyarakat dalam pembagian tugas sehingga tidak ada satupun area TMP yang terlewatkan pembersihannya.

Dalam kesempatan terpisah, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M.Tr (Han) menyampaikan bahwa kegiatan karya bakti pembersihan TMP Pura Kusuma Negara Tegal merupakan wujud kepedulian anggota Yonif 407/PK sebagai insan prajurit TNI-AD terhadap lingkungan di sekitarnya.

“Disisi lain, kegiatan ini sebagai sarana untuk menumbuh kembangkan rasa kebangsaan, disiplin dan loyalitas guna meningkatkan rasa nasionalisme para anggota Yonif 407/PK dan masyarakat sebagai anak bangsa;” begitu tuturnya.

Anto, salah satu pengurus dan penjaga TMP Pura Kusuma Negara sangat berterima kasih kepada anggota Yonif 407/PK atas digelarnya kegiatan pembersihan makam di TMP ini sehingga membantu dan meringankan beban para penjaga dan pengurus dalam merawat TMP.(Ezl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *