.

” Garjas ” Periodik 2 Prajurit Yonif 407/Pk

Tegal, Pilarbangsanews.com – – Bertempat di Lapangan Mako Yonif 407/PK, para Prajurit Petarung Padmakusuma mengukur kemampuan fisiknya dengan melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik 2 yang meliputi kesegaran A (lari 3200 meter) dan B (Pull-Up, Shit-Up, Push-Up dan Suttle Run serta tes Postur). Kegiatan dilanjutkan dihari berikutnya yaitu tes ketangkasan perorangan berupa renang dasar di Kolam Renang Trisanja Slawi, Sabtu (20/10).

Dalam melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik 2, Prajurit Yonif 407/PK diawasi langsung oleh Perwira Jasmani (Pajas) Brigif -4/DR Kapten Inf Suparno beserta anggota sebagai tim penilai dan dibantu beberapa anggota Yonif 407/PK sebagai tim pendukung.

Kapten Inf Suparno menyampaikan agar untuk para Prajurit Yonif 407/PK yang akan mengikuti tes Garjas Periodik 2 ini melaksanakan dengan serius dan sungguh-sungguh serta berhati-hati. “Garjas Periodik 2 ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan Garjas seorang prajurit secara berkala,” begitu tuturnya.

Sebelum pelaksanaan tes Garjas, seluruh Prajurit Yonif 407/PK melaksanakan pengecekan kesehatan yaitu tensi dan detak jantung oleh anggota Ton Kes Yonif 407/PK. Kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan pemanasan secara maksimal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, hal ini dimaksudkan sebagai upaya untuk faktor keamanan dan keselamatan pesonel.

Hasil dari tes Garjas Periodik 2 yang diselenggarakan selama dua hari ini akan dikirim ke Brigif -4/DR sebagai bahan evaluasi tugas kedepan. Dalam kegiatan Garjas ini jika masih terdapat prajurit yang nilainya masih dibawah ketentuan yang telah ditetapkan, maka akan diulang kembali dan mengikuti pembinaan khusus.

Oleh karena itu setiap prajurit dituntut untuk selalu melakukan pembinaan fisik perorangan. Pembinaan ini bisa dilakukan disela-sela pelaksanaan tugas dan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara.

Dalam kesempatan ini Danyonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos. M. Tr (Han) menyapaikan untuk Garjas Periodik dilaksanakan dua kali dalam setahun. Maka dari itu prajurit Yonif 407/PK harus melaksanakan pembinaan fisik sesuai program secara baik dan teratur. Diharapkan untuk seluruh anggota dapat melaksanakannya secara maksimal dengan mengikuti tahapan-tahapan tes Garjas dengan baik dan penuh semangat.(Ezl)

Sumber : Kopda. Giyat Bs. Penerangan Yonif 407/PK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *