Kepri

Kapolres AKBP Ucok Lasdin Silalahi SIK MH, Tampil Sebagai Pemateri Dalam Latihan Dasar Di HMI

TANJUNG PINANG, PILRBANGSANEWS.COM,--Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, SIK MH tampil sebagai Pemateri dalam Pelatihan Dasar (Basic Training) Kader I Komisariat Eksakta Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) yang digelar HMI Tanjung Pinang, di Aula Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) jalan DI. Panjaitan km.8 Tanjungpinang, Senin malam (5/11/2018).

Basic Training itu bertemakan Meningkatkan Wawasan Kebangsaan, AKBP Ucok Lasdi Silalahi menguraikan definisi dari Wawasan Kebangsaan.

Katanya, defenisi wawasan kebangsaan itu adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa yang bertujuan untuk: 1. Menjadikan bangsa yang kuat, rukun, bersatu, berdaya saing tinggi dan sejahtera, 2 Menjamin terjaganya sejarah kebangsaan Indonesia dan Cinta NKRI, 3 Reaktualisasi nilai-nilai Pancasila, 4. Meredam berkembangnya penonjolan primordialisme sempit, Kesukuan, Kedaerahan dan mencegah Disintegrasi bangsa dan terakhir Meningkatkan kualitas penangkal maya demi lestarinya bangsa.

Dan Wawasan Kebangsaan ini mestinya selalu kita aktualisasikan dan implementasikan dalam Kehidupan bernegara khusus dalam kehidupan bermasyarakat, seperti HMI ini,” kata Kapolres Tanjungpinang yang dikenal ramah oleh semua lapisan masyarakat ini

Pelatihan dasar itu diikuti sekitar 60 orang peserta pelatihan dari HMI Tanjungpinang-Bintan Komisariat Eksakta Umrah.

Tujuannya untuk membentuk karakter dan kepribadian agar menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa di atas kepentingan individu atau golongan, mempertahankan asas Bhinneka Tunggal Ika yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945 serta mewujudkan bangsa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Sehingga dalam menjalankan organisasi, HMI Tanjungpinang-Bintan Menjunjung Tinggi Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Kegiatan pelatihan dasar ini juga dihadiri Wakapolsek Tanjungpinang Timur dan Personil Polres Tanjungpinang.

Sementara dari HMI Tanjungpinang-Bintan yang mengikuti kegiatan yaitu Sdr. Hariadi selaku Ketua Komisariat Eksakta, Sdr. Aripin selaku Ketua Umum HMI Tanjungpinang serta Sdr. Miki Wahyudi sebagai Ketua Panitia penyelenggara kegiatan yang selanjutnya bersama seluruh peserta pelatihan, mendeklarasikan dukungan untuk Mewujudkan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk serta Menolak Berita Hoax.

(uls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *