Kepri

Organisasi Kemahasiswaan Dan Polres Mendeklarasikan Pemilu Damai Di Tanjung Pinang

TANJUNGPINANG, PILARBANGSANEWS.COM,– Organisasi Kemahasiswaan bersama Polres dan Pemantau Pemilu 2019 di Tanjungpinang mendeklarasikan dan Launching Pemilu Damai. Acaranya berlangsung di Ruangan Rapat Utama Mapolres Tanjung Pinang, Sabtu (10/11) pukul 10.00 WIB.

“Bersama Pemuda Ciptakan Kondusifitas Pemilu 2019,” ini tema yang diusung dalam acara itu memberikan semangat dan komitmen kepada mahasiswa dan pemuda untuk menghindari hal hal yang dapat merusak kondusifitas di Tanjungpinang pada pesta demokrasi 2019.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, S.I.K, MH menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut bersama dengan Ketua Bawaslu kota Tanjungpinang M. Zaini, M. Kom, Komisioner KPU Kota Tanjungpinang M. Yusuf dan Akademisi DR. Suryadi, MH.

Kapolres Tanjungpinang mengawali materinya dengan membuka mata hati para peserta kegiatan yang hadir bahwa pada hari dimana kegiatan Deklarasi & Launching Pemilu Damai yang digagas Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bersama Polres Tanjungpinang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2018.
Di hari Pahlawan ini kita semua mengenang kembali bagaimana susahnya meraih kemerdekaan, berani mengorbankan jiwa dan raga.

Kita semua juga bisa memahami bagaimana hebatnya para pahlawan dapat mempersatukan 17.000 lebih pulau di Indonesia menjadi satu kesatuan NKRI.

Maka dari itu kehadiran kita semua pada hari ini menunjukan pula tekad perjuangan para pemuda yang terlibat pemantau pemilu untuk memastikan Pesta Demokrasi berjalan dengan baik tanpa dihantui oleh rasa takut.

” Nikmati Pemilu sebagai Pesta Demokrasi yang penuh dengan suka cita dan kegembiraan,” ajak Kapolres Ucok Lasdin.

Kapolres Tanjungpinang juga membeberkan bagaimana mekanisme menyelesaikan pelanggaran dalam pemilu.

“Jika terdapat pelanggaran dan kendala dalam pelaksanaan seluruh proses tahapan pemilu, maka KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara bersama-sama akan menyelesaikannya.

Polri akan mendukung penyelenggaraan Pemilu yg berkualitas. Polri akan bertindak Profesional yang berlandaskan netralitas.

Kewajiban pihak Kepolisian dalam menjaga penyelenggara pemilu dapat bekerja dengan nyaman, apabila menyangkut dengan hal-hal gangguan Kamtibmas dan ancaman maka Pihak Kepolisian sudah menyiapkan Personil Kepolisian untuk menjaga kantor KPU dan Bawaslu.

Kita, kata Ucok lebih lanjut memiliki 4 Satgas untuk menanggulangi kerawanan- kerawanan selama kurun waktu penyelenggaraan pemilu yaitu;

1) Satgas Operasi Mantab Brata 2019.

2) Satgas Nusantara yang menangani berita Hoax dan Penggunaan Media sosial yang menyimpang.

3) Satgas Politik Uang

4) Satgas Anti Teroris

Deklarasi dan Launching Pemilu Damai itu sendiri diikuti sekitar 80, antara lain, HMI Tanjungpinang- Bintan, Cipayung Plus, BEM Se- Kota Tanjungpinang dan Pengurus Osis SMA Sedrajat Se- Kota Tanjungpinang.

Acara ditutup dengan membacakan Pernyataan Deklarasi dalam mendukung Pemilu 2019 dan Kode Etik Pemantau Pemilu 2019. (Uls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *