Pilarbangsanews.com.Painan,-Di Sungai Tawa, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, kini telah  ada komunitas anak muda kreatif yang punya keahlian membuat miniatur ataupun berbagai bentuk replika. Komunitas tersebut  mereka beri nama “Mandeh Handcraft Center”.

Mereka telah punya workshop untuk mengerjakan barang barang kerajinan yang ingin mereka produksi. Lokasi workshop mereka berada di lokasi peternakan milik seorang pengusaha perantau  Pessel, yang sukses di Jakarta, Yan Anas.

Yan Anas kepada Pilarbangsanews.com lewat pesan WhatsAppnya, membenarkan di lokasi peternakannya dibangun sebuah workshop untuk menampung anak anak muda kreatif di Tarusan melalukan aktifitasnya.

“Saya sedang mencoba mengumpulkan dan memfasiltasi mereka dalam suatu komunitas bernama MANDEH HANDCRAFT CENTER, kata Yan  Anas lewat pesannya.

Menurut Yan Anas,  karya mereka sangat halus dan layak dan mampu  berkompetisi di pasar nasional bahkan internasional. Saat ini sudah ada yang memesan perantau Pessel yang berada di Jakarta. Minta dibuatkan miniatur Kapal Bagan alat tangkap nelayan Pesisir Selatan.



“Saya  minta mereka  produksi hanya sesuai permintaan, kebetulan sudah ada  yg pesan miniatur Kapal Bagan. Kini sedang mereka kerjakan. Saya minta mereka buat sebaik mungkin sebagai proto type Kapal Bagan itu sesuai dengan aslinya,”

Yan Anas, juga mengatakan, lokasi itu dia bangun bukan tok hanya untuk peternakan. Tapi dia akan mengembangkan  jadi lokasi agrowisata penyokong destinasi pariwisata Mandeh. 

“Untuk ini saya sudah diskusikan dengan Prof Fatimah Chaniago kakaknyo pak Andrinof,” tulis Yan Anas pada pesan WhatsApp nya.(YY)

By Pilar