Pilarbangsanews.com.Pessel – Miris rasanya mendengar perjuangan hidup yang dilalui orang orang kecil di negri yang tengah digadang gadangkan sebagai daerah kunjungan wisata Kabupaten Pesisir Selatan. 

Sebut saja namanya Doni Putra dari Kambang, Aldi di Sungai Tawa Dan lain lainnya serta entah berapa banyak lagi anak muda yang kreatif di negri itu.

Melihat hasil karya lewat sentuhan tangan tangan trampil mereka sebagai pembuat miniatur patut dibanggakan. 

Berbagai macam miniatur seperti Kapal, mobil, motor  dan lain lainnya yang terbuat dari kayu mampu mereka jadikan souvenir yang sangat mengagumkan sebagai ciri khas Kabupaten Pesisir Selatan. 

Namun sayang, dinas terkait di Kabupaten Pesisir sepertinya tidak memperhatikan mereka,seperti Koperindag dan Dinas Parawisata, padahal jika mereka diberdayakan akan mengangkat perekonomian masyarakat dan terciptanya lapangan kerja di Kabupaten Pesisir Selatan.

” Itulah masalahnya bang.. bentuk perhatian dari dinas terkait disini pada kami kami pengrajin kecil ini tidak ada. ” ujar Doni Putra warga Kambang ini pada awak media ini. 

” Seandainya kami dibina dan diberdayakan bang, tentunya ekonomi kami akan terbantu dan lapangan kerja akan tercipta.’ sambung Doni. 

” Abang lihat sendiri daerah kami sudah mulai dilirik orang sebagai daerah kunjungan wisata, padahal itu bisa jadi pangsa pasar bagi kami dalam memasarkan hasil karya kami.” tambah Doni dengan pandangamn jauh ke depan seakan berharap akan ada perhatian dari pemerintah setempat. 

Sepertinya apa yang disampaikan Doni pada awak media ini tentang kurang tanggapnya pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam pemberdayaan masyarakat kecil tidak bohong belaka. 

Hal ini terbukti ketika salah seorang pengusaha sukses Yan Anas, sampai mengajak Aldi anak muda kreatif di Tarusan ke rumah dinas Wakil Gubernur Sumbar  Nasrul Abit, Senen ( 17/7/2017 ) yang lalu, sembari memperkenalkan hasil kerajinan anak muda Pesisir Selatan. 
“Saya sendiri kapan ya bisa ngantarkan hasil karya saya pada pak Wagub,” kata Doni yang ingin sekali mendapat “sitawa sedingin” dari Wagub sama halnya dengan rekannya Aldi. ( Rjl)

By Pilar