Pilarbangsanews.com. Jakarta,- Rindu dengan kampung halaman, begitu tahu yang hadir suluruh Bupati se-Indonesia pada acara  APKASI (Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia), Pengacara Kondang DR Elza Syarief SH MH menyambangi stand Kabupaten Pesisir Selatan sekedar pelepas rasa kangennya.

“Saya diundang untuk menghadiri acara APKASI yang dibuka Presiden Jokowi. Begitu acara seremonial selesai   saya diajak oleh  Bupati Halmahera Tengah,Ir. H. Al Yasin Ali, M.MT dan istri singgah di Standnya. Tahu yg hadir seluruh kabupaten dan para bupati hadir,  habis foto-foto dan cicipkan produknya , maka saya cari stand Pesisir Selatan. Ketemu deh sama pak Bupati Hendrajoni,” kata Elza kepada Pilarbangsanews.com lewat telp selulernya pagi tadi, Kamis (20/7).




Menurut Elza,   Bupati Hendrajoni,  ternyata temannya. “Beliau  Polisi yang pernah bertugas di Polda Metro Jaya dan Bareskrim, saya sebagai  Lawyer sering berhubungan kerja. Kemarin ketika bertemu sangat seru deh, ketemu dengan teman lama,” 

Dari pertemuan teman lama  itu, keduanya sepakat dan bertekad  memajukan Pessel lewat  cara memajukan UKM dan UMKM serta pengembangan koperasi ,  pengembangan obyek wisata di pesisir selatan , dan berusaha mencari investor untuk menginvest di bidang tersebut.

Terlihat dalan gambar Bupati Hendrajoni mengenakan selendang batik tanah Liek kepada sahabat lamanya Elza Syarief (foto dok: Okis Mardinsyah)




Saya, kata Elza lebih lanjut, punya ide dan ingin  lebih fokus mengembangkan export ikan olahan yang fresh dan memperkenalkan kuliner dari ikan segar.

“Kebetulan saya juga hobi memasak,  saya sudah menciptakan masakan khas Pesisir Selatan yang baru dangan nama Sup Asam Padeh. Sengaja saya ciptakan untuk Pesisir Selatan yang bahan baku dari ikan, bisa juga isi Gurita , Cumi atau Udang Laut.”

Menurut Elza, menu Sup Asam Padeh ini nanti akan  di patenkan,  sehingga nama kuliner itu menjadi milik Pesisir Selatan. 

“Saya mencoba menciptakan resep khas makanan unggulan Pesisir Selatan,  serba ikan yaitu sup asam padeh , randang lokan , ikan bakar, agar setiap wisatawan ke Pesisir Selatan  tidak hanya melihat keelokkan negeri sejuta pesona itu tetapi juga  akan dapat mencicipi makanan khas  Pesisir Selatan.” tuturnya.(YY)

By Pilar