Tidak mudah bagi walikota Bukittinggi menerima penghargaan Nirwasita Tantra, harus masuk “Banda” (kali kecil) membersihkan sampah jika air tak mengalir deras.


Pilarbangsanews.com. Padang,- Hanya 9 orang Gubernur dan Walikota di Indonesia yang mendapat penghargaan Nirwasita Tantra. 3 orang diantanya dari Sumbar, masing Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno,  Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Walikota Bukittinggi H Ramlan Nurmatias, SH.

Ke-9 kepala pemerintahan Provinsi, pemerintahan Kota dan Kabupaten yang mendapat penghargaan Nirwasita Tantra itu  masing  masing, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Gubernur  Sumbar, Irwan Prayitno dan  Gubernur DKI  yang kini dijabat oleh PLT Djarot Syaiful Hidayat.

Sementara pemerintah kota yang mendapat pengarhargaan,  Walikota Surabaya, Tri Rismaharini,  Walikota Balikpapan H Imdad Hamid SE  dan Walikota Bukittinggi H Ramlan Nurmatias.

Untuk pemerintahan Kabupaten, Bupati Malang Dr H Rendra Kresna, Bupati Sukoharjo, H Wardoyo Wijaya SH,MH, serta Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan atau program kerja untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup dengan bertumpu pada prinsip pembangunan berkelanjutan. 

Bagi kepala pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota yang mendapat penghargaan itu diundang ke Jakarta menerima langsung dari Presiden Jokowi pada tanggal 2 Agustus yang akan datang.(YY)

By Pilar