Pilarbangsanews.com.Bukitinggi,- Wakil Walikota Bukittinggi H.Irwandi membuka secara resmi Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tahap I Kota Bukittinggi bertempat di lapangan Wairabraja, Senin (31/7).

Pembukaan pelatihan ditandai dengan penyematan dan pemasangan atribut pelatihan kepada wakil peserta yang dihadiri oleh para pelatih, kepala sekolah SMA Kota Bukittinggi dan Kepala Bank Nagari Cabang Bukittinggi serta para panitia.

Peserta pelatihan yang akan bertugas pada pengibaran dan penurunan bendera pada tanggal 17 Agustus 2017 mendatang berjumlah 54 orang terdiri dari 26 siswa laki – laki dan 28 siswa perempuan yang merupakan hasil seleksi dari 108 siswa pada bulan Maret sampai April 2017 yang lalu.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Kabid Pemuda dan Olahraga Tasman mengatakan, dari seleksi awal berjumlah 108 orang peserta dan terpilih 54 orang yang akan mengikuti Pelatihan Tahap Pertama ini kemudian 2 (dua) orang terpilih untuk mewakili Kota Bukittinggi untuk Tingkat Sumatera Barat yaitu Muhammad Rafli dan Dea Aini Fadhilla yang keduanya merupakan siswa SMA I Bukittinggi, ujar Tasman.

Tasman menambahkan, bahwa pelatihan tahap pertama ini dilaksanakan mulai tanggal 31 Juli sampai dengan 7 Agustus 2017, dengan para pelatih berjumlah 12 orang yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Purna Paskibraka Indonesia (PPI). Selanjutnya pada pelatihan tahap kedua pada tanggal 8 sampai 18 Agustus 2017, pada pelatihan tahap kedua ini para peserta diinapkan di Diklat Aparatur Pemerintah Pusido Gulai Bancah, sebutnya.

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi dalam sambutannya menyampaikan  ucapan selamat kepada mereka yang terpilih sebagai peserta pelatihan, “ kami ucapkan selamat kepada seluruh peserta yang terpilih sebagai yang terbaik dari yang baik, karena tidak semua orang dapat kesempatan sebagai pengibar bendera pada tanggal 17 Agustus ini, jadikan prestasi ini sebagai pengalaman berharga dimasa depan, tetap semangat dan jaga kesehatan, dan ibadah sholat harus tetap dijaga dan jangan diabaikan,” pesan Wakil Walikota Irwandi.

Selanjutnya Irwandi berharap, tahun depan pelajar dari kota Bukittinggi bisa lolos untuk tingkat Nasional, kita harus bertekad untuk menjadi yang terbaik. Dan begitupun Purna Paskibra diharapkan betul – betul bisa menjadi teladan baik di lingkungannya maupun bagi organisasi – organisasi lain, harapnya.  (ylm)
 

By Pilar