Sijunjung,Pilar Bangsa News – Sedikitnya 63 alat dan mesin pertanian (alsintan) bantuan dari pemerintah pusat melalui APBN murni, aspirasi anggota  DPR RI dan aspirasi DPRD Kabupaten Sijunjung dibagikan ke kelompok tani (Keltan) di kabupaten Sijunjung.

Puluhan alsintan itu secara simbolis diserahkan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, anggota DPR RI, Hermanto, Kadis Pertanian Ronaldi dan anggota DPRD, Hendri  Susanto dihalaman Dinas Pertanian setempat.

“ Alsintan ini bantuan Kementrian Pertanian, aspirasi anggota DPR RI dan  aspirasi anggota DPRD kabupaten  Sijunjung,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Ronaldi.

Ke-63 unit alat dan mesin pertanian tersebut, berupa alat olah pertanian dan tanah seperti traktor roda 4 tiga unit, traktor roda 2 sebanyak 46 unit , mesin pompa air 12 unit dan mesin penanam padi (rice transplater) 2 unit.

“Cukup banyak bantuan yang kita terima, baik dari APBN murni, aspirasi anggota DPR RI maupun aspirasi anggota DPRD Kabupaten Sijunjung,” ujar Ronaldi.

Puluhan alsintan itu secara simbolis diserahkan, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, anggota DPR RI, Hermanto, Kadis Pertanian, Ronaldi dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung kepada kelompok tani (keltan).

“Terima kasih atas perhatian pak Hermanto ke Sijunjung. Kami berharap, kelompok tani penerima bantuan alsintan ini dapat memanfaatkan seoptimal mungkin dalam mengarap lahan pertanian setiap musim tanam,” ujar Bupati Yuswir Arifin.

Menurutnya, dengan adanya bantuan alsintan akan memudahkan anggota kelompok tani  mengarap lahan pertanian, baik dalam meningkatkan produksi  maupun kesejahteraan petani.

Karena itu, orang nomor satu di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih, meminta anggota kelompok tani untuk merawat bantuan tersebut.” Mohon dirawat alsintan ini dengan baik dan benar,” ingatnya.

Pesan yang sama juga disampaikan  anggota DPR RI, Hermanto.Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengingatkan kelompok tani agar dapat menggunakan dan merawat  sehingga alsintan yang diberikan dapat digunakan dalam jangka panjang.

“ Alsintan ini merupakan titipan yang kebetulan keltan penerima diberi amanah untuk mengelolanya, makanya kepercayaan yang diberikan jangan disia-siakan,” ucap Hermanto.

Bahkan, lanjut Hermanto, bantuan serupa akan terus berlanjut di tahun berikutnya dalam upaya mempercepat dan sekaligus meningkatkan produksi padi di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.( Rjl/hms )

By Pilar