Dharmasraya,Pilar Bangsa News – Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya yang dipimpin oleh Darisman, S. Si, MM, Sabtu ( 12/8/2017 ) melaksanakan ” Sosialisasi Teknis Budidaya Padi Inpago dan Jagung Hibrida Lahan Sawah Kering ” di Gedung Auditorium samping Kantor Bupati Dharmasraya. 

Acara dihadiri oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Tuanku Kerajaan, Asisten, Kadis Pertanian, Camat, Wali nagari, Kepala BP3K dan seluruh anggota kelompk tani se Kabupaten Dharmasraya.

Dalam pidato sambutannya Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan, ” Agenda pembangunan Kabupaten Dharmasraya di tahun 2017 ini adalah membangun ekonomi yang tangguh dalam mensejahterakan masyarakat melalui pembangunan pertanian berbasis kawasan dan komoditi unggulan.” kata Bupati Sutan Riska. 

Untuk meningkatkan produktivitas dan indeks pertanian, Dinas pertanian Dharmasraya telah didukung dengan saran dan prasarana pertanian. 

Pada tahun 2017 ini Dharmasraya mendapatkan sebanyak 357 unit  alinstan atau naik sebesar 300%, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Darisman dalam kata sambutannya mengatakan, ” Masa panen padi inpago atau yang sering disebut oleh masyarakat Dharmasraya adalah padi ladang, yang dulu masa tanam mencapai 6 bulan, sekarang hanya membutuhkan waktu 115 hari sudah siap panen,” kata kadis pertanian Darisman itu. 

Bupati Sutan Riska kepada peserta sosialisasi pertanian berharap agar bisa memanfaatkan alsintan yang diperoleh dan lebih meningkatkan lagi hasil pertaniannya. (Rjl/Hms )

By Pilar