PAINAN, HALUAN – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke 72, bertempat di Gor H. Ilyas Yakub Painan, berlangsung meriah dan khidmat. Kamis (17/8).

Upacara peringatan detik detik proklamasi tersebut, dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, dihadiri oleh seluruh unsur Forkompinda, OPD, DPRD, sejumlah pejuang Veteran serta kalangan pelajar.

Saat itu, Kapten ARH S Arahab, merupakan Danramil 02 Balai Selasa, Kecamatan Ranah Pesisir, bertindak selaku komandan upacara. Derap langkah tegap, serta ayunan tangan Paskibra berpakaian seragam putih berpeci hitam saat memasuki lapangan upacara, terlihat begitu terlatih dan terampil hingga membuat decak kagum para undangan saat itu. Tak lupa pula, wajah sumringah disertai semangat kebangsaan dan jiwa patriotisme begitu jelas terlihat pada raut wajah Bupati Hendrajoni, yang saat itu bertindak selaku Inspektur upacara.

Pada kesempatan itu, Bupati Hendrajoni, juga memberikan penghargaan setia lencana, kepada tiga orang ASN yang dinilai telah berprestasi dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara. Tak lupa pula, Bupati Hendrajoni mengadakan temu ramah dengan sejumlah pejuang Veteran, yang dinilai telah telah berhasil menyelamatkan bangsa dan negara Indonesia pada zaman penjajahan terdahulu.

“Peringatan HUT RI ke 72 ini, bukan sekedar diisi dengan upacara pembacaan detik detik proklamasi atau mengibarkan bendera sang saka merah putih. Tapi juga kita juga ada agenda lain, yakni mengadakan temu ramah dengan segenap pejuang Veteran yang ada di Pessel, sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa beliau mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” sebut Bupati saat itu.

Kepada pejuang Veteran, Bupati Hendrajoni, mengaku sangat menghargai dan menghormati jasa-jasa beliau, baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup di era modern sekarang ini. Sebab, tanpa jasa pahlawan, Negara Indonesia belum tentu memperoleh kemerdekaan.

“Sosok pejuang yang beliau miliki, sampai saat ini tak pernah pudar. Bahkan kita dari Pemerintah Daerah, akan berupaya untuk memerdekakan masyarakat yang merasa belum merdeka, khususnya bagi mereka pejuang Veteran,” sebut Bupati tegas.

Tepat pada pukul 14.00 WIB, Bupati Hendrajoni, juga mengelar acara do’a bersama di Masjid Akbar Baiturahman Painan, Kecamatan IV Jurai. Doa bersama itu, diikuti oleh seluruh unsur Forkompinda, OPD, DPRD, dan segenap unsur tokoh masyarakat Pessel.

Ketua DPRD Pessel, Dedi Rahmanto Putra mengatakan, bahwa Peringatan HUT RI yang ke 72 saat itu, dinilai lebih meriah dari tahun sebelumnya. Sebab, jauh hari sebelumnya, berbagai bentuk permainan untuk membangkitkan jiwa patriotisme sudah di gelar di halaman Kantor Bupati, seperti permainan tarik tambang yang melibatkan seluruh unsur. 

“Semarak peringatan hari Kemerdekaan RI yang ke 72 ini, tidak hanya semarak di daerah kita. Namun, diseluruh pelosok negeri. Berbagai bentuk permainan rakyat akan menjadi daya tarik tersendiri oleh seluruh ASN, hingga ketingkat Camat dan Nagari. Semoga pejuang yang sudah mendahului kita, mendapatkan tempat yang layak disisiNya,” sebut Ketua DPRD Pessel seraya mengucap Amin. (h/mg-kis)

By Pilar