17-08-1945 Merupakan hari yang sangat bersejarah bagi negara kesatuan repblik indonesia dan seluruh warga indonesia hafal dan sangat mengetahui arti dari tanggal tersebut..

Tak lain dan tak bukan tanggal tersebut (17-08-1945) adalah dimana bangsa indonesia bebas berkata MERDEKA.!!!! Dan bisa mengibarkan bendera merah putih nan berani dan suci..
Untuk meraih kemerdekaan tersebut banyak sekali para pahlawan yang gugur dimedan perang.. bahkan harta dan bendanya pun ikut dikorbankan… pada saat sekarang ini kita hanya memperingatinya sajja..
Setali dengan itu pemerintahan Nagari Tabek mengadakan Acara unk menyambut HUT RI KE 72 yaitu PESTA rakyat nagari Tabek selama 2 hari 2 malam bahkan turnamen sepak bolapun digelar jauh jauh sebelum peringatan 17 agustus… adapun acara yang di adakan dalam pesta rakyat tersebut adalah: setelah melakukan upacara di lapangan belakang kantor camat timpeh acara dilanjutkan dengan pawai/ karnaval yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat bersatu dan membaur tanpa ada perbedaan kemudian finish di lapangan hijau pinang makmur. 
Tidak berhenti disitu kegiatan pesta rakyat menampilkan atraksi dari pberbagai aliran silat yang ada dikecamatan timpeh.. dalam acara tersebut hadir pula bapak camat timpeh bpk Zulkifli Sutan bapak kapolsek sitiung 1. Bapak anggota DPRD bpk Kartono bapak ketua KAN Timpeh bpk H.Hasan basri dan semua masyarakat se kecamatan timpeh, diperkirakan dalam acara tersebut dihadiri ribuan jiwa masyarakat yang ikut andil dalam memeriahkan HUTRI ke 72.. 

Kemudaian pada malam hari disambung dengan acra penyerahan hadiah lomba yang di adakan unk memeriahkan HUTI yg ke 72. dan penyerehan Piagam beserta piagam kepada para penghibah tanah yang rela digunakan unk fasilitas umum serta sedikit bingkisan dari pemerintahan nagari.. dalam acara tersebut dihibur pula oleh Barokah jaya mandiri musik sehingga tambah meriah.. kemudian pada pagi harinya tanggal 18 agustus pesta rakyat nagari tabek masih terus berlanjut dengan acara pestival budaya… yang menampilkan kebudayaan yang ada di nagari Tabek (Randai Singadepok dan jaranan). Terlihat seluruh masyarakat tumpah ruah dilapangan hijau.. semua masyarakat bergembira mendapatkan tontonan gratis seehingga ada salah satu warga mengatakan “Selama saya berada di nagari tabek baru kali ini ada tontonan rakyat gratis dan meriah dalam memperingati HUTRI” dan malam ini diahiri pestival budaya ini dengan lenampilan Randai…. disisi lain selain masyarakat senang dan bergembira para pedagang pun sangat senang dikarenakan daganganya laris manis bahkan ada pedagang mencapai omset belasan juta rupiah dalam satu malam…

Terima kasih masyarakat nagari tabek..

Mari kita ciptakan kerja nyata dan kerja bersama…. dan mari bersama sama kita tingkatkan ukuwah islamiyah kita dalam membangun nagari tabek unk lebih maju..!!!
MERDEKA…..!!!!!!

Ttd Humas

By Pilar