PILARBANGSANEWS.COM.Taluak Kasai Pesisir Selatan, SUMBAR,- Hilangnyo hari Jum’at jam 18.00 sore, kemudian batamu di Pasar hari Sabtu sore jam 17.30. Jera ditemukan di Pasar Kuok oleh Saiful (seorang masyarakat Teluk Kasai), dan lansuang dibawa pulang ka Teluk  Kasai.



Kronologis
Hilangnya

HARI
JUMAT;

Awalnya, ada seorang  nelayan Teluk Kasai (Namo nyo Toni), dia nampak Jera sedang bersampan sampan di tengah  laut. Dia mancuba menyiruh Jera ketepi,  tapi Jera  acuh dan diam tak menjawab,  maklum urang gangguan jiwa.

Lantas, nelayan yang bernama Toni beranggapan, paling Jera bakal ke tepi nantinya, Toni tidak ada kwatir sedikitpun, soalnyo dulu pernah  Jera tu bersampan sampan seorang diri, tapi dia bisa  baliak katapi sendiri.

Haripun baransu larut, menurut keterangan Toni, pada malam itu malam Jum’at,  cuaca tdk bagus utk melaut, angin kancang, bahkan Toni bilang, tidak seorang pun nelayan yang berani melaut ketika itu, begitu Toni menuturkan kepada Pilarbangsanews.com,   Sabtu (19/8) lalu.

Malam itu Toni tak mengetahui lagi keberadaan Jera dimana. Toni menganggap Jera sudah pulang ke rumahnya.


HARI
SABTU;

Hari Sabtu Jera ternyata belum pulang juga, pihak keluarga Jera mulai kwatir karena Jera tidak pulang kerumah.

Sabtu itu kebetulan pemilik perahu merasa kehilangan, pemilik perahu itu bukan org Teluk Kasai, tapi biasanya dia melaut di Teluk Kasai. Pemilik perahu bertanya kepada Toni dima perahu dia berada. 
Mendengar pertanyaan itu Toni mulai kuatir, dan menjawab bahwa Jera lah yg membawa perahu bapak tua itu. kemaren saya menyaksikan langsung bahwa Jera yg bawa perahu itu.

Toni mulai kwatir. Jum’at tu cuaca buruak, angin kancang. Dan mulai lah diketahui Jera hilang. Setelah itu baru di informasi kan kepada  Tuo Kampung, mendapat informasi itu Tuo kampung melapor ka wali Nagari. Oleh  wali Nagari disampaikan ka pihak kecamatan dan langsung menghubungi pihak BPBD (badan penanggula Pesisir Selatan).

Sekitar pukul 16.00 petugas BPBD turun kelokasi dan melakukan pencarian di disekitar Laut Teluk Kasai, Sementara itu kepala kampung, koordinasi ka masing2 kampung Sep di Sungai Bungin, Labuang Baruak utk membantu melakukan pencarian.

Sore, pukul 17.30, Syaiful melihat keberadaan Jera sedang di Pasar Batang Kapeh, sehingga dinkonfirmasi utk menghentikan pencarian karena Jera sudah ditemukan..

Namun hingga saat itu keberadaan perahu yg dipakai Jera belum diketahui dimana, sebab Jera yang mengalami gangguan jiwa itu tidak mau menjawab pertanyaan ketika dia ditanya.

Tadi malam ada salah seorang warga taluak Kasai Syafrizal Eskor (sekarang di Kuwait) menghubungi Tuo Kampung  via messengger. Beliau menginformasikan bhwa perahu Jera terdampar di Pasia Koto Salido. Antara pasie koto Salido dengan Taluak Kasai tempat awal Jera bersampan sampan berjarak 20 Km jika ditempuh dengan jalan laut sekitar 18 mil.

Menurut Syafrizal Eskor, Jera ditemukan bersama sampannya di pulau aua. Sipenumu membawa sampan dan jera ke Pantai Pasia Salido. Dari Salido Jera pulang sendiri ke Batang Kapeh dan dia  ditemukan oleh  Syaiful saat berada di Pasar Kuok Batang Kapeh. 

Berarti Jara ini deselamat oleh nelayan stelah dia terdampar di Pulau Aua, jarak pulau AAU dengan Pantai Teluk Kasai lebih kurang sekitar 30 Mil laut. (Andra U)

By Pilar