Pilarbangsanews.com.Pakanbaru.-
Dua  hari ini  kondisi zalika sengaja  tidak ambo publish, karena kondisi si mata sipit ini turun naik. Kadang dia mengalami kejang ringan, itu ditandai dengan seringnya mengalami seperti orang “kagetan”, dalam bahasa Minang disebut  “taganyek nganyek“.

Namun demikian secara keseluruhan kondisi tersebut menunjukkan perkembangan kesehatan Zalika hari demi hari sangat signifikan dan menggembirakan kami semua.
Malam kemaren Selasa (22/8)  Zalika kembali mendapat  transfusi albumin lewat cairan infusnya, guna menaikkan kadar albumin dalam tubuhnya sampai batas normal. Seperti yang ambo tuliskan pada tulisan terdahulu albumin adalah plasma  protein  tubuh yang jumlahnya bisa mencapai separuh dari totalprotein tubuh.

 Kekurangan albumin bisa menyebabkan tekanan osmotik darah turun, mengakibatkan pembengkakan, sistem kekebalan tubuh turun dan sebagainya.

Berdasarkan cek laboratorium, albumin Zalika berada pada angka 3,2 sementara normalnya 3,8. Namun Alhamdulillah itu mendingan dibandingkan sebelum transfusi albumin dilakukan.

Zalika kekurangan albumin itu dan itu hal  biasa terjadi bagi setiap pasien yang mengidap kanker, stroke dan pasien sehabis menjalani oparsi seperti yang dalami Zalika.

Sudah 2 hari kami tidak ketemu dengan dokter spesialis anak yang menangani sipemilik mata Korea itu,  Sore kameren dokter yang berkaca mata plus minus ini, mengadakan visite ke ruangan NICU dimana Zalika dirawat.  Dokter itu mengatakan bahwa besok Zalika akan kembali melakukan cek laboratorium untuk mengetahui kadar elektrolit dalam tubuhnya yg kemaren lusa mash rendah dan memantau hasil transfusi albumin yg dilakukan malam kemaren.

Jika kadar albumin dalam tubuh zalika sudah normal, tahan berikutnya zalika akan dilatih untuk tidak lagi menggunakan selang oksigen yang selama ini menempel pada hidungnya. Disamping itu, besok takaran ASI zalika juga akan coba dinaikkan menjadi 50 ml per 3 jam.

Jika kondisi zalika bisa stabil tanpa selang oksigen dan konsumsi ASInya bisa  dipertahankan 50 ml maka warga baru kami yang bernama  Zalika Afiqah Trisa Harzi, sudah  bisa di bawa pulang.

Untuk itu sudah pasti disetiap do’a kami tak henti hentinya berdo’a agar Zalika cepat sembuh total.
Aamiin Aamiin YRA….

By Pilar