SIJUNJUNG, Pilar Bangsa News – Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Sijunjung dan  Dekranasda setempat terus memberikan perhatian kepada IKM didaerah ini.Awal September mendatang OPD dan organisasi yang memayungi pengembangan usaha dan produk kerajinan ini  akan melatih 15 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).
Mereka bakal di ajarkan tata cara pengolahan dan pengemasan produk atau Good Manufacturing Practise (GMP) selama enam hari.
Rencananya, pelatihan pengolahan makanan dan kemasan produk atau Good Manufacturing Practise (GMP) tersebut bakal digelar di Wisma Keluarga pada 4 s/d 9 September mendatang.
“ Pelatihan ini akan diikuti 15 pelaku IKM makanan dan minuman,” kata Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Sijunjung, Em Yasri didampingi Kepala Bidang Perindustrian, Hendri Nurka di Muaro Sijunjung, Rabu, (30/8)
Menurut Em Yasri, pelatihan GMP ini difokuskan untuk IKM makanan dan minuman.Kegiatan tersebut dimaksud agar pelaku IKM makanan dan minuman didaerah ini memperoleh pengetahuan tentang tata cara pengolahan dan pengemasan produk.
Dengan demikian, sambung Hendri Nurka, pelaku IKM bisa memproduksi produk secara berkualitas sesuai dengan standar-standar kelayakan dan terjamin kualitasnya.”Kita berharap ilmu yang diperoleh ditularkan pada IKM makanan dan minuman lainnya,” ucap Hendri Nurka.
Selain ditularkan ke IKM lainnya, lanjut dia, kegiatan ini juga diharapkan memberikan kontribusi yang berarti bagi pertumbuhan IKM makanan dan minuman di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.
Pelatihan yang akan dibuka Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung, Ny.En Yuswir Arifin, pihak panitia menghadirkan narasumber dari Dinas Perindag Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Solok. ( Rjl/Z )

By Pilar