PILARBANGSANEWS.COM.PESSEL,– Painan memang kota kecil, jumlah personal yang benar benar menjalankan profesi jurnalis  tidaklah sebanyak  wartwan didaerah kabupaten kota lainnya di Sumbar, namun begitu,  mereka yang benar benar wartawan, di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat unjuk aksi solidaritas terkait adanya kasus penghinaan terhadap wartawan yang dilakukan oleh Kapolres Way Kanan, Lampung.

Aksi damai itu digelar disekitar pusat pemerintahan setempat, Kamis 31 Agustus 2017.   Berlangsung dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. 
Koordinator Lapangang, Mario menyebut, pelaksanaan aksi solidaritas profesi wartawan, dilakukan atas kesadaran penuh wartawan terhadap rekan-rekan seprofesinya dihujat pejabat di Way Kanan.

“Satu seprofesi yang tersakiti, maka semuanya akan merasakan. Sebab, profesi wartawan diatur dalam UUD nomor 40 tahun 1999 Pers. Di sana sudah dijelaskan, apa hak wartawan dan kerjanya wartawan sesuai profesinya,” jelas Koordinator Lapangan, Mario dalam aksi tersebut.

Menurutnya, dengan sudah jelasnya kerja wartawan diatur dalam Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, pelecahan dan intimidasi terhadap pekerjaan wartawan harus dilawan dihilangkan di Indonesia, termasuk Kabupaten Pesisir Selatan tempat mereka bekerja.

“Keberadaan kita di negara ini, sama-sama berasaskan undang-undang. Jadi, tidak saputnya profesi kami dilecehkan dan dihujat seperti yang dialami rekan-rekan seprofesi kami di Way Kanan,”terangnya.

Dalam aksi tersebut, ia berharap untuk tidak adalagi pejabat instansi manapun yang semena-mena terhadap profesi wartawan, apalagi disaat menjalankan tugas profesinya. ” Kita minta, siapapun narasumbernya ataupun pejabat mana saja termasuk di Pessel sendiri. Kita bukan teroris, kita pemburu berita, kita adalah mitra. Tolong hargai profesi wartawan,”pungkasnya.

Terpantau dalam aksi solidaritas yang dilakukan sejumlah wartawan di Kabupaten Pesisir Selatan, dikawal dengan baik dari pihak kepolisian setempat. Aksipun terlihat berjalan tertib hingga penyampaian solidaritas selesai.
Kiki Julnasri Priatama

klikpositif.com

By Pilar