Dharmasraya, Pilar Bangsa News – Baralek Laman Silek Pangian Rantau Batang Hari ( Perayaan 117 tahun perguruan silat Pangian Rantau Batang Hari) adalah sebuah tradisi rutin tahunan yang dilakukan oleh perguruan silat Pangian Rantau Batang hari di laman tuo ( Padepokan tua) yang terletak di Kenagarian Sungai Dareh, Pulau Punjung Sumbar. 

Tradisi tersebut sampai tahun ini ( 2017 ) sudah berlangsung selama 117 tahun dan merupakan satu satunya tradisi rutin tahunan yang tetap berlangsung di Kabupaten Dharmasraya.

Baralek Laman merupakan ajang berkumpulnya guru dan murid pesilat dari rantau di halaman tuo, dalam rangka mempererat tali persaudaraan yang terjalin antara guru dan murid baik yang berada di laman tuo maupun yang berada di daerah lainnya. 

Menurut ketua panitia pelaksana acara baralek laman Hafia sabil, tradisi baralek laman ini satu satunya di Dharmasraya yang dilakukan rutin setiap tahun dan sudah berlangsung ratusan tahun. 

” Ini baralek laman yang tahun yang ke 117,puncak acaranya nanti pada hari Kamis tanggal 7 September besok akan dihadiri oleh Bupati, Ketua DPRD dan pejabat lainnya. ” ujar Hafia Sabil kepada awak media ini. 

Menangapi tradisi yang sudah ratusan tahun ini berlangsung di Sungai Dareh, Yul Hendri selaku tokoh muda berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Dharmasraya dapat memperhatikan tradisi Baralek Laman ini. 

” Kita berharap Pemkab Dharmasraya menjadikan tradisi baralek laman ini sebagai ivent wisata tahunan di Kabupaten ini. ” sambung Yul Hendri. 

Melihat persiapan jelang puncak acara baralek laman yang dilakukan selama 3 hari 3 malam ini, setiap malamnya ditampilkan kesenian minang kabau seperti Saluang, Randai dan lain lainnya. 

Acara kegiatan Baralek Laman Silat Pangian Rantau Batang Hari rutin terlaksana atas peran serta guru, muri,  tokoh masyarakat dan masyarakat Sungai Dareh itu sendiri. 

Salah seorang tokoh masyarakat Sungai Dareh dan juga anggota DPRD Dharmasraya, Salman dari partai Demokrat sangat peduli dengan kegiatan Baralek laman Silek Pangian Rantau Batang Hari, untuk tahun ini Salman melalui dana pokir Bansos membantu biaya acara sebesar 20 juta rupiah. 

” Tradisi ini harus kita lestarikan, karena Baralek laman sudah berlangsung selama ratusan tahun di Sungai Dareh ini, untuk tahun yang akan datang akan terus kita tingkatkan. ” tutur Salman saat dikomfirmasi di halaman tuo. 

” Baralek Laman Silat Pangian Rantau Batang Hari ini satu satunya yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan sudah berjalan sampai saat ini 117 tahun, akan kita upayakan nanti menjadi salah satu ivent pariwisata tahunan di Dharmasraya ini bersama Pemerintah Daerah. ” imbuh Salman. ( Rjl) 
Simak edisi berikutnya…

By Pilar