Dharmasraya,  Pilar Bangsa News -Pemerintah nagari ampang kuranji yang dinakhodai Picok Adera bertekat dan berkomitmen untuk mengembangkan dan melestarikan kesenian tradisional, ini dibuktikan dengan diselenggarakannya festival kesenian tradisional anak nagari 2017 di alun_alun nagari ampang kuranji pada tanggal 9 sampai dengan 10  september 2017.
Acara ini dibuka oleh wali nagari ampang kuranji yang diwakili oleh sekretaris nagari Azmi Hamid yang dihadiri oleh kepala jorong pasa banda Oyong Liza, kepala jorong koto diateh Doni Susanto, kepala jorong koto gadang Bodi Caniago, ketua pemuda Nobon Piliang, ketua pemuda pancasila kec. Koto baru rolix dan undangan.

Dalam sambutannya seknag berharap melalui acara ini hendaknya dapat dijadikan sebagai moment terbaik untuk pembinaan kesenian tradisional sekaligus mewariskan kesenian tradisional kepada generasi penerus.
” kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah konsisten dan aktif menyelenggarakan acara festival ini dan kami berharap dengan adanya acara ini generasi muda akan lebih memahami dan mencintai kesenian tradisional sehingga kesenian tradisional akan tetap eksis” kata seknag.
Beberapa cabang yang diperlombakan pada festival kali ini antara lain : tari minang kreasi, musik tradisional dan wirid adat yang diikuti oleh peserta dari dari dharmasraya dan luar dari dharmasraya seperti solok, padang bahkan dari provinsi riau dan provinsi jambi. (Rjl/ NAK)

By Pilar