Bandung,  Pilar Bangsa News – Jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya yang di komandoi kepala dinas pertanian DARISMAN,S SI.MM bersama para penyuluh, KTNA Dharmasraya, KWT Dharmasraya serta para petani Dharmasraya menggelar kunjungan lapangan dan study banding ke Balai Penelitian Tanaman Sayur Kementrian Pertanian di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Kunjungan lapangan ini, digelar selama 3 hari yakni dari tanggal  14-16 September 2017.

Kepala Balai Penelitian Tanaman Sayur yang diwakili oleh H Uung dalam temu ramah dan dialog bersama para petani menyambut baik kehadiran dari Dinas Pertanian, para kelompok tani dan para petani.

“Hampir setiap tahun, Balista dikunjungi kurang lebih sepuluh ribu untuk belajar teknologi pertanian terutama dibidang tanaman sayur,”jelasnya.

Dikatakan Uung, untuk informasi teknologi terbaru itu biasanya masuk duluan ke balista yang kemudian ditransfer kedaerah-daerah.

“Balista tidak hanya tempat kunjungan tetapi jg untuk penelitian dan praktek dari mahasiswa dan tempat belajarnya para petani,”bebernya.

Uung juga menjelaskan banyak inovasi inovasi yang telah kita lakukan dan para bapak bapak dan ibu ibu bisa melihat langsung kelapangan.

Dengan teknologi yang kita pakai bisa menghasilkan pertanian yang lebih dari hasil biasanya, tentu ini akan berdampak terhadap keuntungan bagi para PETANI,” tegasnya.




Balista kata uung, bukan lembaga profit tetapi memang dikhususkan menjadi lembaga penelitian yang khusus untuk menciptakan inovasi baru untuk diterapkan oleh para petani.terangnya(Rjl/ hms)

By Pilar