PILARBANGSANEWS.COM.BUKITTINGGI,-Guna meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya anak-anak agar dapat mengetahui sejak dini berbagai macam cara siaga bencana dan agar dapat membantu anak-anak bagaimana cara siaga bencana ketika terjadi bencana disekitar mereka, SD 01 Campago Ipuh Kecamatan MKS Kota Bukittinggi bekerjasama dengan  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi melaksanakan Sosialisasi Kesiap siagaan Bencana yang bertempat di sekolah tersebut pada Sabtu, (61/9).

Sosialisasi yang diikuti sebanyak 191 siswa yang terdiri dari murid kelas 1 s.d 6 tersebut dilaksanakan dihalaman sekolah, semua murid terlihat senang dan antusias serta bersemangat mendengarkan materi yang disampaikan.

Reynaldo Staf Kasi Pencegahan dan Kesiap siagaan BPBD Kota Bukittinggi yang sebagai pemateri waku itu mengatakan, “melalui kegiatan sosialisasi ini BPBD berupaya membangun kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat khususnya anak – anak SD dalam menghadapi bencana. Hal ini sesuai dengan kondisi geografis Kota Bukittinggi yang merupakan daerah rawan bencana gempa bumi, dikarenakan Bukittinggi dilalui oleh sesar Sumatera khususnya segmen Sianok,” ujarnya.

Ditambahkan bahwa untuk itu kepada masyarakat dan hari ini kepada murid – murid SD 01 Campago Ipuh perlu diberikan pengetahuan kesiap siagaan bencana, sehingga lebih waspada dan siap menanggulangi jika terjadi bencana. Dengan diadakan sosialisasi ini juga dapat menumbuhkan budaya sadar bencana kepada generasi muda, tambahnya.

Selanjutnya dikatakan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kita juga telah minta kepada sekolah – sekolah lain untuk menjadwalkan pemberian sosialisasi ini yang tentunya disesuaikan dengan jadwal yang ada pada sekolah masing – masing, hal ini penting dilakukan agar timbulnya kesadaran dari masyarakat dan memahami bahwa daerahnya termasuk rawan bencana, untuk itu perlu terus di­berikan  sosialisasi kepada ma­sya­rakat tentang kesiap si­aga­an mengahadapi ben­cana dan menyikapinya pa­da saat ter­jadi bencana.

Sementara itu Kepala Sekolah SD 01 Campago Ipuh Monaliza menyampaikan terima kasih kepada BPBD Kota Bukittinggi yang telah bersedia memberikan pengetahuan dan sosialisasi kebencanaan kepada siswanya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BPBD karena telah memberikan sosialisasi kepada murid – murid untuk mengetahui bagaimana cara bersiaga bencana ketika terjadi bencana mulai dari bagaimana menghadapi bencana dan bagaimana cara mencari tempat yang aman dan juga sudah mengetahui tempat-tempat yang mana harus dihindari ketika bencana terjadi,” ungkapnya.

Pada sosialisasi ini materi yang disampaikan berupa pengetahuan dasar bencana, jenis bencana dan cara meneyelamatkan diri dari ancaman bencana seperti gempa. Kemudian kepada peserta diberikan simulasi jika terjadi bencana yang diawali dengan bunyi Sirine pemberitahuan bencana kemudian masyarakat digiring untuk mengambil jalur evakuasi yang aman sehingga terhindar dari resiko bencana. (ylm)
 
 
 
 

By Pilar