PAINAN, HALUAN – Masyarakat Pesisir Selatan Peduli Rohingya,  hingga saat ini terus melakukan penggalangan dana.  Aksi Solidaritas yang diprakasai oleh ketua TP-PKK Pessel Lisda Rawdha Hendrajoni ini, terus saja menarik simpati warga masyarakat dari berbagai kalangan. 

“Aksi dimulai  sejak Jumat (15/9), berhasil mengumpulkan dana sekitar 50 juta lebih, Insya Allah kedepannya akan terus bertambah,” sebut Lisda di Painan, Minggu (17/9).

Sementara itu, Kordinator Lapangan (Korlap), Aksi Penggalangan Dana “Aliansi Masyarakat Pessel Peduli Rohingya” Riyan Situo Mandeh, mengatakan, kegiatan itu sudah dimulai sejak hari Jumat (15/9) lalu, dan akan terus dilaksanakan sampai hari Minggu (1/10), yang ditandai dengan acara penutupan konser amal di Pantai Carocok Painan.

“Dalam aksi penggalangan dana ini, sebelumnya kita juga melibatkan Uda Uni selaku Duta Wisata Pessel. Mereka langsung turun kejalan di tiga titik yang telah ditentukan, yakni Bundaran UHA, Tugu Ikan, dan Pasar Painan. Selain itu, sumbangan juga berasal dari kalangan ASN, BUMN, BUMD, Sekolah, swasta, dan transfer melalui rekening Bank Nagari ditingkat Kecamatan. Kalau kita totalkan sampai hari ini, maka mencapai angka 60 juta lebih.

Namun, belum kita hitung secara rinci,” jelasnya.
“Hari selanjutnya, penggalangan dana ini akan kita laksanakan disejumlah tempat wisata yang ada di Pessel. Selain itu, kita juga akan menyebarkan sejumlah kardus sumbangan diberbagai tempat, seperti Masjid, Rumah Makan, Sekolah, dan sejumlah kantor Pemerintahan. Dan jika ada Dunsanak diperantauan yang ingin menyumbangkan sebagian hartanya, maka dapat di transfer melalui rekening resmi atas nama “Pessel Peduli Rohingya” nomor rekening 04000210199061 Bank Nagari Painan,” jelasnya. (h/mg-kis) 

By Pilar