Solo, Pilar Bangsa News – Presiden Joko Widodo menghadiri Silaturahmi Nasional ke-3 Majelis Tafsir Alquran (MTA) di Gelora Manahan Solo. Dalam sambutannya, presiden kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa Indonesia adalah negara yang besar.

“Saya ingin menyadarkan kita semua, mengingatkan kita semua. Indonesia adalah negara besar, negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Ini sering kita lupa,” kata Jokowi di Manahan, Solo, Minggu (17/9/2017).

Presiden menyampaikan, Indonesia memiliki 17 ribu pulau yang terdiri dari 714 suku dengan ribuan bahasa daerah. Jokowi meminta rakyat Indonesia menjaga kekayaan tersebut dan jangan sampai terpecah belah oleh perbedaan.

“Indonesia terbagi menjadi 516 kabupaten/kota di 34 provinsi, dengan agama yang berbeda-beda. Ini sudah menjadi takdir Allah. Saya ingin mengingatkan, mari kita jaga persaudaraan, ukhuwah islamiah kita, ukhuwah wathaniah kita, ukhuwah basariah kita,” kata Jokowi.

Adapun Silatnas ke-3 MTA juga dihadiri Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Silatnas ke-3 di Gelora Manahan ini dihadiri 100 ribu orang. Mereka memenuhi seluruh tribun stadion dan halaman Gelora Manahan.

Silatnas merupakan kegiatan yang digelar setiap MTA mengukuhkan perwakilan dan cabang baru. Kali ini, pimpinan pusat MTA, Ahmad Sukina mengukuhkan 64 perwakilan dan cabang MTA dari 14 provinsi.

Total saat ini terdapat 604 perwakilan dan cabang MTA di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut tersebar dari Takengon, Aceh sampai Merauke. ( Wn)

By Pilar