Dharmasraya, Pilar Bangsa News – Tim pemantau transparansi pelaksanaan dana desa Kecamatan Pulau Punjung tuntaskan pemantauan di 6 nagari yang ada di Kecamatan Pulau Punjung. Sejauh ini ke 6 Nagari belum ditemukan indikasi penyelewengan dalam penggunaan dana desa di Nagari masing masing.

Pada hari terakhir pemantauan Rabu ( 27/9/2017 ) dihadiri oleh Camat Pulau Punjung Lasmita selaku penanggung jawab tim dan Ketua Tim Julius lengkap dengan seluruh anggota tim. 

Dua nagari yang menjadi agenda pemantauan pada hari itu adalah kenagarian Gunung Selasi dan Kenagarian Sungai Kambut. 

Di kenagarian Gunung Selasi Tim pemantau transparansi pelaksanaan dana desa disambut oleh Wali Nagari H. Edi Syahroni didampingi oleh perangkat nagari diruang kerjanya. 

” Untuk dana desa tahap satu di Kenagarian Gunung Selasi,kami mamfaatkan untuk rigit beton, drainase dan rehap kantor jorong di berbagai titik di jorong jorong yang ada di Gunung Selasi ini, ” beber Wali nagari Gunsel. 

Sementara itu Camat Pulau Punjung  Lasmita selaku penanggung jawab Tim dan berharap setiap nagari bisa memamfaatkan dana desa dengan baik, transparan dan sesuai dengan auran yang berlaku.

Sesuai dengan acuan dalam penilaian yang telah ditetapkan, usai ramah tama antara tim dan perangkat nagari, masing masing anggota tim langsung melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi dan melakukan dokumentasi.

Selanjutnya tim melakukan pemantauan lapangan dibeberapa titik lokasi pelaksanaan proyek dana desa di jorong jorong di Kenagarian Gunung Selasi.

Usai melakukan pemantauan di Kenagarian Gunung Selasi tim pemantau transparansi pelaksanaan dana Kecamatan Pulau Punjung langsung melanjutkan tugasnya di Kenagarian Sungai Kambut.

Tim pemantau disambut oleh Wali Nagari Asrial Amri dan staf di ruang rapat kantor Wali Nagari Sungai Kambut. 

Kepada Tim pemantau Asrial Amri menyampaikan secara lisan bagaimana pelaksanaan dana desa di kenagariannya,  ” Dari awal perencanaan sampai pelaksanaan program dana desa saya sudah mewanti wanti TPK untuk melaksanakan program dana desa sesuai dengan RAB yang telah ditetapkan, kami selalu libatkan masyarakat dalam setiap kegiatan dan selalu mensosialisikannya dengan berbagai cara, seperti spanduk, pengumuman di Mesjid dan pemasangan brosur di Warung warung. ” ungkap Asrial Amri pada Tim Kecamatan Pulau Punjung. 

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap dokumen dokumen, Tim pemantau didampingi Wali Nagari Sungai Kambut beserta perangkat nagari meninjau lokasi pelaksanaan dana desa di jorong yang ada di Kenagarian Sungai Kambut. ( Rjl )

By Pilar