PILARBANGSANEWS.COM.BUKITTINGGI,-Prestasi demi prestasi terus diraih Kota Bukittinggi, kali ini Walikota Bukittinggi kembali dianugerahi penghargaan Nasional yaitu Upakarya Wanua Nugraha dari Pemerintah Pusat yang diterima langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias yang diserahkan oleh Nata Irawan Dirjen Bina Pemerintahan Desa atas nama Menteri Dalam Negeri Repubik Indonesia pada kegiatan pembukaan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel II) Tahun 2017 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tahun 2017 (BBGRM XIII) bertempat di The Media Hotel dan Towers Jakarta, Senin (2/10). 

Pemberian Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha diberikan kepada Kepala Daerah yang telah berprestasi dalam melakukan pembinaan dan mendorong Desa/Kelurahan di wilayahnya menjadi Desa / Kelurahan Percontohan yang dibuktikan dengan prestasi sebagai juara 1 Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Regional. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 140-8129/2017 tanggal 2 Oktober 2017 tentang Penetapan Penerima Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha Tahun 2016 dan Tahun 2017 pada Pekan Inovasi Perkembnagan Desa dan Kelurahan tahun 2017.

Kota Bukittinggi melalui Kelurahan Kubu Gulai Bancah yang menggagas program Kelurahan Cyber bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LPM) dan masyarakat setempat telah menghantarkan Kelurahan Kubu Gulai Bancah sebagai Kelurahan terbaik di Sumbar dengan meraih prestasi Juara I dalam lomba Kelurahan Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat dan juga terbaik di Regional I Sumatera.

Walikota Ramlan yang menerima langsung Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha ini didampingi oleh Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Nofrianto CH, Camat Mandiangin Koto Selayan Emil Akhir dan Lurah Kubu Gulai Bancah Indra Heldi, mengungkapkan rasa bangganya setelah menerima penghargaan ini.

“Alhamdulillah, kerja keras semua aparat Pemko dan berkat dukungan masyarakat khususnya Kelurahan Kubu Gulai Bancah berbuah manis, hal ini sangat membanggakan, penghargaan ini menjadikan motivasi bagi kami selaku pemerintah untuk terus membangun dan mengembangkan potensi yang ada di kelurahan”, ujar Walikota Ramlan. 

Prestasi yang telah diraih ini, menjadi bukti kita dinilai baik oleh pemerintah pusat, dan secara tidak langsung kita telah dihitung di tingkat Nasional, tambah Ramlan.

Sementara itu, Lurah Kubu Gulai Bancah Indra Heldi mengatakan, ”penghargaan ini akan menjadi tantangan bagi Kelurahan Kubu Gulai Bancah untuk senantiasa berbuat dan meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, apabila tidak mampu mengikuti perkembangan akan dapat menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah khususnya ditingkat kelurahan”, ungkap Indra.

Disamping penyerahan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha, juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada pelaksana BBGRM terbaik tahun 2017. Kegiatan selama pelaksanaan PINDes dan BBGRM ini adalah berupa Lokakarya, Stand pameran, Dialog interaktif, Paparan dari Direktur dilingkup Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI. (Ylm)
 
 
 
 
 
 
 

By Pilar