Bukittinggi

Melalui Pemeriksaan IVA Dan SADANIS Ibu Ibu Bisa Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara

PILARBANGSANEWS.COM.BUKITTINGGI,-  Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tingkat Kota Bukittnggi tahun 2017 dan Pencanangan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara melalui Pemeriksaan IVA dan SADANIS, digelar  dihalaman Kantor Camat Guguk Panjang,  Rabu (4/10). 

Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias sebanyak dua kali. Pada kesempatan tersebut terlihat hadir, Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Wakil ketua TP PKK, Danramil Kepala SKPD, Camat dan Lurah serta para kader KB.

Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK kota Bukittinggi Yesi Ramlan menjelaskan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan merupakan kegiatan integrasi antara Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan KB, Dinas Kesehatan dan TP PKK dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

seperti terlaksananya pengumpulan data, pemenuhan dan peningkatan pelayanan kontrasepsi dan kesehatan reproduksi, selanjutnya  pengembangan dan peningkatan advokasi dan KIE KB, lingkungan bersih dan sehat serta perilaku hidup bersih dan sehat.

Yesi Ramlan mengatakan sekaitan dengan program pokok PKK KB- Kesehatan ada dua hal pokok yang perlus dicermati yaitu adanya bonus demografi dan pemenuhan kebutuhan layanan dasar masyarakat.

“Menykapi adanya bonus demografi itu tidk hanya bisa dilakukan dengan intervensi program KB semata karena itu program KB perlu secara bersama diikuti dengan program peningkatan ketrampilan masyarakat, program peningkatan pendapatan keluarga dan berbagai macam program yang bersifat memberikan peluang bekerja dan berusaha, disinilah sinergitas 10 program pokok PKK dan program program unggulan PKK dapat ambil bagian disalah satu pilar program KB”, ujar Yesi.

“Demikian juga halnya pemenuhan kebutuhan layanan dasar masyarakat perlu dilakukan upaya peningkatan gizi, pemenuhan air bersih dan sanitasi lingkungan kesehatan ibu dan anak, pencegahan dan penanggulangan penyakit degenerative termasuk pencegahan penyakit kanker leher Rahim melalui IVA Test “, lanjut Yesi

Pada bulan Oktober ini Ibu Presiden telah mencanangkan sebagai Bulan Pencanangan Kanker terhadap wanita khususnya kanker payudara dan kanker leher Rahim, yesi juga menghimbau dalam rangka capaian deteksi dini kanker serviks  ini diminta kepada petugas kesehatan dan  KB menjalankan kegiatannya dimana setiap calon akseptor KB sebelum dipasangkan alat kontrasepsi apa saja terlebih dahulu dilakukan IVA Test sebagai deteksi dini kanker leher Rahim dan apabila positif dapat dilakukan  tindakan krioterapi untu mematikan lesi kanker tersebut, krioterapi ini alatnya sudah ada di Puskesmas Rasimah Ahmad Tengah Sawah Bukittinggi, jelas Yesi.

Berkaitan dengan hal terebut, Walikota Ramlan Nurmatias dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pencanangan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan ini, merupakan momentum yang memiliki makna dan peran strategis karena keluarga merupakan wahana utama dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berkarakter.

“mengingat pertumbuhan penduduk Kota Bukittinggi begitu pesat dan perkilometernya bahkan melebihi standar statistik. Pemerintah berupaya bagaimana laju pertumbuhannya agar terkendali namun , untuk pengendaliannya dibutuhkan dukungan dari masyarakat. Untuk bicara masalah kesejahteraan, kesehatan dan pendidikan masyarakat ini jumlah penduduk sangatlah menenentkuan. Pemerintahpun dalam penetapan kebijakan berpedoman kepada jumlah penduduk”, ujar Ramlan.

“Program KB disamping untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, juga bertujuan mengurangi tingkat kematian ibu, bayi dan balita. Memberikan perlindungan kesehatan reproduksi, perlindungan hak ibu dan anak” tambahnya.

Kemudian berkenaan dengan bulan Oktober ini sebagai bulan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara melalui Pemeriksaan IVA dan SADANIS, walikota juga mengajak dan menghimbau kepada ibu – Ibu diseluruh Kelurahan agar memeriksakan kesehatannya di Puskesamas dan melakukan pemeriksaan kanker serviks melalui IVA test sedini mungkin.

Pada kesempatan tersebut walikota juga menyerahkan KIE KIT kepada perwakilan masing – masing Kader Kecamatan yang berisikan antara lain phantom alat dan obat kontrasepsi, phantom alat peraga reproduksi pria, phantom alat peraga reproduksi wanita, DVD, Flipchart organ reproduksi manusia dll. (Ylm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *