Bali

​Asops Kapolri Irjenpol Mochmad Irawan Lounching Pemasangan Peringatan Dini Online Erupsi Gunung Agung

PILARBANGSANEWS.COM.BALI,- – Asops Kapolri Irjen. Pol. Drs. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. didampingi Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos., M.AP., Kepala PVMBG dan Kepala BNPB melounching pemasangan peringatan dini online (early warning sistem) dalam rangka penanggulangan bencana Gunung Agung di Gedung UKM, Kabupaten Karangasem, Jumat (20/10/2017). Acara ini juga dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Karangasem dan ratusan Perbekel atau Kepala Desa yang masuk Kawasan Rawan Bencana (KRB).

Dalam sambutannya Irjen. Pol. Drs. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. mengatakan, pemasangan peringatan dini online merupakan gagasan Polri untuk meminimalisir jatuhnya korban akibat erupsi Gunung Agung. Selain itu, hal ini merupakan salah satu terobosan kreatif untuk mendukung program Kapolri yaitu Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya).  

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, masyarakat harus mendownload melalui smartphone. Kemudian melakukan registrasi dengan mengisi identitas lengkap. Terakhir, masyarakat harus melakukan konfirmasi sehingga bisa memperoleh informasi berupa bunyi alarm menjelang terjadinya erupsi Gunung Agung. 

“Apabila ada tanda-tanda erupsi akan disampaikan secara teknologi, sehingga bisa didengar oleh seluruh masyarakat di kawasan rawan bencana untuk mempercepat proses evakuasi. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, tidak ada korban jiwa pada saat berlangsungnya erupsi Gunung Agung,” ucap mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Jenderal bintang dua ini menjelaskan bahwa dampak dari status awas Gunung Agung berpengaruh pada kunjungan wisatawan ke Bali. Akibatnya perekonomian masyarakat Bali terjadi penurunan. “Mudah-mudahan status Gunung Agung cepat menurun dan aktivitas masyarakat serta pariwisata bisa kembali meningkat,” harapnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 Wita ini diakhiri dengan pemberian ponsel yang sudah diprogram sebagai tombol peringatan dini online dari Kapolda Bali kepada perwakilan Kepala PVMBG, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Masyarakat.(DA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *