PILARBANGSANEWS. COM. JAKARTA,- Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati menyatakan Hari ini saya memberikan keynote speech pada acara pertemuan para blogger seluruh Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta yaitu Kompasianival 2017 yang bertajuk Kolaborasi Generasi. 



Senang sekali akhirnya dapat bertemu langsung dengan para Kompasianer yang sangat aktif dan berkualitas. Saya juga suka membaca tulisan di Kompasiana yang berhubungan dengan ekonomi dan fiskal.

Saat ini, seluruh dunia optimis dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Pemerintah akan terus memonitor denyut ekonomi masyarakat dan menjaga pertumbuhan yang berdampak positif, terutama digital ekonomi.

Di Indonesia, teknologi informasi dan digital ekonomi tumbuh sangat pesat baik dari sisi nilai ekonomi maupun partisipasi penggunanya. Para kaum muda milenial baik Gen Y maupun Gen Z harus dapat memanfaatkan momentum ini dengan menjadi pemain, pemilik atau pelaku. Jangan hanya menjadi penonton. Kaum muda Indonesia sangat potensi menjadi penggerak ekonomi.

Pemerintah akan terus mendukung industri kreatif, terutama dari sisi infrastrukturnya, agar tercipta konektifitas infrastuktur di seluruh negara kesatuan Indonesia. Karena walaupun seseorang bisa menjual produk dari Samosir melalui Internet tapi kalau tidak bisa dikirim dengan cepat dan murah ke Bandung atau ke Semarang, akan percuma saja. 

Pemerintah juga akan mendengarkan keluhan dari pelaku industri kreatif. Contohnya saat ada penulis yang curhat mengenai kepatuhan perpajakan. Melalui mendengarkan, diskusi dan dialog, diharapkan dapat memformulasikan kebijakan yang pas untuk meningkatkan industri kreatif. 

Selain itu, pemerintah akan juga terus memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat di bidang pendidikan dan kesehatan yang harus dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Ini semua agar semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati lapangan kerja sehingga tercipta pemerataan pendapatan dan pengurangan kemiskinan. 

Kita harus selalu optimis terutama menghadapi tahun 2018 dan 2019.
Sebagai pemerintah, sesuai pesan Presiden Jokowi, kami akan selalu kerja, kerja dan kerja. (DA)

By Pilar