PILARBANGSANEWS. COM.BUKITTINGGI,- Untuk menggali dan mengembangkan potensi Diniyah Takmiliyah, dalam rangka memperkokoh eksistensinya di masyarakat, serta guna mencari santri terbaik untuk wakil Sumatera Barat pada Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) tingkat Nasional yang akan diselengarakan pada tanggal 16 – 19 Nopember 2017 mendatang di Pasuruan Jawa Timur, maka Forum Komunikasi  Diniya Takmiliyah (FKDT) Propinsi Sumatera Barat menggelar PORSADIN Tingkat Sumatera Barat yang dipusatkan di Bukittinggi pada tanggal 21 dan 22 Oktober 2017.

Pada PORSADIN ke-III Tingkat Sumatera Barat tahun ini, Kota Bukittinggi sebagai tuan rumah.  Pembukaan dilakukan oleh Walikota Bukittinggi yang diwakili Aisten II Setda Kota Bukittinggi Ismail Johar yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Faiz Zidan Maulana bertempat di Lapangan Atas Ngarai Bukittinggi, Minggu (22/10).

Dalam sambutannya Ismail mengatakan bahwa, kiranya PORSADIN ini dapat berkesinambungan dan memberikan input baik, bagi pembentukan karakter generasi bangsa kedepan. Disamping kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas agama Islam bagi anak-anak, tetapi mereka juga bisa menambah pengalaman lainnya dalam bidang olahraga maupun seni.

PORSADIN yang akan diikuti nantinya adalah sampai ke tingkat nasonal untuk itu kedepan agar kegiatan ini lebih meriah dan berjalan sukses kiranya untuk dianggarkan oleh pemerintah daerah di masing – masing Kabupaten/ Kota yang disamping akan berjalan lancar dan juga akan melahirkan nantinya utusan – utusan yang dapat berbicara di Tingkat Nasional.

“kami menghimbau kepada Forum Komunikasi  Diniya Takmiliyah (FKDT) Kabupaten / Kota untuk menganggarkan kegiatan ini nantinya pada pemerintah masing – masing dan diharapkan dukungan dari SKPD dimasing – masing Kabupaten/Kota agar nantinya dapat melahirkan anak – anak yang berprestasi dan semoga nantinya dapat menghasilkan yang terbaik untuk tingkat Sumatera Barat dan dapat berkiprah di tingkat Nasional”, ujarnya.

Sementara itu ketua FKDT Sumatera Barat  Bulkhani menjelas bahwa PORSADIN merupakan satu wadah untuk menyalurkan dan menampilkan bakat kreasi dan minat para santri Diniyah Takmiliyah Awaliyah.  Ini merupakan program unggulan FKDT yang dimulai dari Tingkat Kecamatan, kemudian Tingkat Kabupaten/Kota dan seterusnya Tingkat Wilayah dan kemudian Tingkat Nasional yang akan berlangsung pada tanggal 16 s/d 19 Nopember 2017 di Pasuruan Jawa Timur yang rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo.

“cabang yang akan diikuti nantinya 2 dibidang olahraga dan 7 dibidang seni. Dibidang olahraga akan mempertandingkan Futsal dan lari 60 meter sedangkan bidang seni akan melombakan bidang – bidang hafiz 1 juzz, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Indonesia, cerdas cermat, murottal wak imla, puisi Islami dan kaligrafi “, ujarnya.

Kemudian ketua pantia Achyar menambahkan, kegiatan yang diadakan dua tahun sekali ini, untuk tahun 2017 ini diikuti 293 orang peserta dengan 117 ofisial dan berasal dari utusan 13 Kabuaten / Kota di Sumatera Barat yaitu, Kab. Sijunjung, Kab.Dharmasraya, Kab.Padang Pariaman, Kab.Solok, Kab.Pasaman Barat, Kab.Tanah Datar, Kab.Lima Puluh Kota, Kota Sawahlunto, , Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kota Payahkumbuh, Kota Solok dan Kota Bukittinggi.

Pembukaan yang berjalan khidmat ini terlihat dihadiri oleh Forkompinda Kota Bukittinggi,Ka.Kemenag Kota Bukittinggi yang mewakili Ka.Kemenag Prov.Sumbar, Ka.Kemenag Kab/Kota dan  acara pembukaan diakiri dengan defile masing – masing Kabupaten / Kota yang berbaris melewati panggung kehormatan dan terus menuju pusat kegiatan di MDTA Al Manar  Masjid Muslimin Pintu Kabun Kecamatan Mandiangn Koto Selayan. (Ylm)
 
 
 

By Pilar