PILARBANGSANEWS.COM. SOLOK,– Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan, mengatakan aparat kepolisian kini ditugaskan dalam pengawasan pemanfaatan Alokasi  Dana Desa (ADD) hendaknya benar benar dirasakan manfaatnya dalam memaksimalkan pemanfaatan dana desa itu untuk menggenjot pembangunan di desa masing masing.

“Kita tidak ingin kalau nanti justru jadi sebaliknya,  dimana Babinkamtibmas (Bintara Pembinaan Keamanan Ketertiban Masyarakat) yang ditempatkan untuk mengawasi  pemanfaatan dana desa itu justru  ikut serta  kongkalingkong bersama Walinagari menggelapkan dana desa itu. Jika ini terjadi kepada personil Babinkamtibmas itu pasti akan dijatuhi sanksi yang berat,” demikian Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan,saat Sosialisasi Pengawasan Pengelolaan Dana Nagari di Mapolres Solok Kota Rabu malam (25/10).

Menurut Dony Setiawan, bagi yang berprestasi dapat menjalankan tugas dengan baik akan diberikan reword, berupa promosi jabatan serta memberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan meningkatkan profesionalitas.

Diwilayah Solok Kota, menurut Dony,  pihaknya telah mempesiapkan  33 personel Bhabinkamtibmas  yang akan ditempatkan pada 33 ditambah  5 Kapolsek. “Kapolres juga akan turun langsung mengawasi pemanfaatan dana desa itu. Pemanafataan Alokasi Dana Desa ini menjadi perhatian serius secara nasional oleh institusi Polri.


“Personil yang ditempat di setiap Nagari  akan ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan, dan bahkan sampai kepada  pertanggungjawaban pemanfaatan dana desa itu,” katanya.

Dalam melaksanakan tugasnya Babinkamtibmas, harus bisa membangun komunikasi dan   konsultasi dengan pihak terkait. Personel harus proaktif dalam upaya pencegahan dan pengawasan. Kuncinya, harus ikut dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggung jawaban dan pemanfaatan. Kita harus tahu apa yang dibutuhkan masyarakat. “Namun kita tidak boleh cari-cari salah. Harus bijak. Yang diproses adalah yang tidak bisa lagi diperbaiki,” ungkap Dony.

Kegiatan itu dihadiri Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA PMD) Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Solok, Dasrul Effendi, Wakapolres Kompol Sumintak, Kabag Ops Kompol Bresman Simanjuntak, Kapolsek, dan Bhabin Kamtibmas di lingkup Polres Solok Kota. (Rijal Islami/YY)

By Pilar