PILARBANGSANEWS. COM. BUKITTINGGI,-

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah kepala SKPD Kota Bukittinggi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dipimpin oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias. Rombongan diterima langsung oleh Bupati Lombok Barat (Lobar) Fauzan Khalid dan Forkopimda Kabupaten Lombok Barat beserta Kepala SKPD dilingkungan Kabupaten Lombok Barat di ruang rapat Jayengrane Kantor Bupati tersebut pada Kamis, (26/10).  

Setelah memperkenalkan rombongan, pada kesempatan tersebut Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias memaparkan kondisi gambaran umum dan keadaan kota Bukittinggi saat ini serta menjelaskan maksud dan tujuan dari kunjungan Pemerintah Kota Bukittinggi ke Kabupaten Lombok Barat.

Lombok Barat yang juga terkenal dengan negeri seribu masjid ini mempunyai kesamaan disektor  unggulan daerah dengan kota Bukittinggi yakni di bidang pariwisata, kalau Lombok Barat mengandalkan keindahan pantainya, Kota Bukittinggi dengan keunggulan destinasi wisata alamnya.

“Tujuan kami adalah untuk belajar bagaimana cara Lombok Barat mengelola pariwisatanya. Lombok Barat dengan perkembangan sektor pariwisatanya yang pesat saat ini, oleh karena itu kami datang kesini untuk berbagi pengetahuan tentang pariwisata,” ujar Walikota Ramlan di awal perkenalan.

Ramlan juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pemkab.Lombok Barat dan mengundang Bupati serta Forkopimda Lombok Barat serta jajaran SKPD Pemkab.Lombok Barat untuk berkunjung ke Bukittinggi, menikmati udara yang segar dan bordir kerancang serta kuliner khas Bukittinggi.

“pengembangan pariwisata di Kota Bukittinggi sesuai berlandaskan nilai – nilai agama dan budaya, kita tidak izinkan adanya diskotik dan sejenisnya, silahkan nikmati udara yag sejuk alam yang indah serta kulinernya yang enak sekali, laki – laki Bukittinggi ganteng – ganteng dan wanitanya cantik – cantik adalah karena makan rendang, untuk itu silahkan datang ke Bukittinggi dan nikmati rendangnya yang terkenal sebagai makanan ter enak di dunia”, ujar Ramlan sambil berpromosi.

Gayungpun bersambut, Bupati Fauzan Khalid begitu terpesona dengan promosi Walikota Bukittinggi tentang kepariwisataan kota Bukittinggi dan langsung menyuruh Sekretaris Daerah M.Taufik untuk merancang kunjungan balasan bersama Forkopimda bersama SKPD yang diperkirakan pada bulan Desember mendatang.

“dalam tahun ini telah banyak kabupaten / Kota yang berkunjung ke Lombok Barat, namun kali ini saya merasa tertarik dan punya chemistry dengan Bapak Walikota Bukittinggi dan rasanya ingin langsung angkat kaki ke Bukittinggi, Bapak walikota cocok sekali sebagai guide”, katanya sambil berseloroh.

Kemudian Bupati Fauzan Kahlid menjelaskan sebagaimana halnya Bukittinggi, Forkopimda juga sangat berperan dengan komitmennya yang sangat bagus, sedangkan upaya Kabupaten Lombok Barat untuk mengenalkan pariwisatanya kepada wisatawan kususnya manca negara dengan berpromosi melalui iven internasional. Ada 2 iven internasional yang menjadi agenda rutin kepariwisataan yakni Marathon Internasional yang dilaksanakan 2 tahun sekali dan Senggigi Sunset Jazz Festival yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“untuk memajukan dan mengenalkan pariwisata kita lakukan promosi melalui iven bertaraf internasional yaitu dengan menggelar Mekkaki Marathon Internasional setiap 2 tahun sekali dan Senggigi Sunset Jazz Festival setiap tahunnya”, jelas Bupati yang pada tahun 2018 kembali mencalonkan diri sebagai Bupati untuk kedua kalinya ini.

Disamping itu Fauzan mengatakan dengan adanya pelabuhan udara bandara internasional Praya sangat membantu sekali karena sebelumnya untuk menuju Lombok orang harus transit terlebih dahulu di Bali, tambahnya.    
      
Pertemuan yang berjalan penuh dengan keakraban ini diakhiri dengan saling tukar cendramata dan dilanjutkan foto bersama. (Ylm)
 
 

By Pilar