PILARBANGSANEWS. COM. KAMBANG,– Polisi Di Kambag, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, berhasil mengungkap kasus pencurian sarang burung walet  dengan menangkap seorang dari dua tersangka pelakunya.

Kapoksek Lengayang AKP Arnanda Putra kepada Pilarbangsanews.com mengatakan, seorang pelaku yang telah berhasil ditangkap tadi pagi Kamis (2/11), berinisial R (19th) seorang nelayan penduduk Karang Tengah Nagari Lakitan.

Peristiwa pencurian sarang burung walet ini dilaporkan oleh 2 orang pemiliknya kepada pihak berwajib di Kambang hari Kamis (28/10).

Sarang burung walet itu masing masing berlokasi  di Kampung Padang , Marapalam Nagari Lakitan Utara,  Kemudian lokasi ke dua terletak di Kampung Pulai Nagari Lakitan Tengah dan yang terakhir berlokosi di Pacuan Nagari Lakitan. Ketiga lokasi sarang burung walet itu berada di kecamatan Lengayang.

Dari hasil oleh TKP dan bantuan informasi dari berbagai sumber  yang dikumpulkan  polisi, akhirnya polisi mendapatkan gambaran siapa pelakunya.

Setelah polisi mengantongi nama nama  pelaku, Kapolsek Lengayang AKP Arnanda Putra, menyusun rencana penangkapan terhadap tersangka pelaku dengan menurunkan Tim langsung dipimpin Kanit Reskrim Polsek Lengayang.

Saat dilakukan penangkapan tersangka sedang bekerja “maelo pukek” (menarik pukat Tepi) di Pantai Karang Pauh di Nagari Lakitan.

“Tersangka saat ditangkap dan dibawa ke kantor Polisi tidak melakukan perlawanan. Kepada penyidik tersangka mengakui perbuatannya. Malahan tersangka mengaku telah mencuri sarang burung walet di 3 lokasi,” kata Kapolsek menjelaskan.

Berdasarkan pengakuan tersangka R, dalam  melakukannya aksinya dia  bersama-sama dengan tersangka T.  Sampai saat ini tersangka T masih dalam  pengejaran pihak berwajib di Lengayang. (YY)
 

By Pilar