PILARBANGSANEWS. COM. PAINAN,– Hari pertama alek gadang (kenduri besar) pernikahan Rani Gustiara Ayu, SH dengan  Akbar Nugraha, SE, MM, Putri sulung Bupati Hendrajoni , Jumat pagi tadi (3/11) diawali dengan  acara Prosesi Maanta Bako dari Koto Baru, Kambang, Kecamatan Lengayang.

Acara maata bako dimulai sekitar pukul 9:00 WIB. Sebelumnya  para bako yang terdiri dari ibu-ibu famili dekat dari Bupati Pesisir Selatan,  Hendrajoni,  telah menunggu di halaman kantor Bupati Pessel. 

Baca berita terkait dengan cara klik disini;

Bupati Pessel Hendrajoni Nikahkan Putri Sulungnya

Setelah kedua pengantin dijemput oleh perwakilan bakonyo  ke rumah dinas,   kedua pengantin yang telah didandani dengan busana pengantin adat istiadat Minang itu (sayangnya anak daro tak pakai Suntiang),  diarak beramai ramai berjalan kaki dari Kantor Bupati sampai ke Simpang Tugu yang terletak ditengah tengah perempatan jalan di  Jalan Agus Salim Painan itu. 

Bunyi serunai dan Talempong terdengar mendayu dayu menambah suasana semaraknya saat para bako mengiringi anak daro dan marapulai.

Sesampai di Tugu dekat Kantor Dinas Pendidikan, arak arakan itu disambut dengan tari gelombang, sebagai pernyataan selamat datang di rumah anak daro.

Usai perwakilan Bako mendapat suguhan sirih dalam carano, arak arakan Bako bersama kedua pengantin dilanjut menuju rumah kediaman anak daro di Rumah Dinas Bupati Pesisir Selatan.

Hari Jum’at pagi tadi maanta bako diikuti 2 kelompok. Masing masing dari Bako Kontan (Bako dekat) dan Bako warga Kecamatan Lengayang.  

Besok hari Sabtu (4/11) suasana kota Painan akan menjadi ramai, karena 14 kelompok Bako dari 14 Kecamatan di Pesisir Selatan akan berpartisipasi dan  bergantian maarak anak daro Jo marapulai dalam acara prosesi maanto Bako ini. 

Malam ini di rumah mempelai wanita yakni di rumah dinas Bupati Pesisir Selatan tengah dilangsungkan acara Bararabab ( sebuah acara berdendang dan berkaba dengan diiringi gesekan biola atau Rabab). (YY)

By Pilar