PILARBANGSANEWS.COM.PADANG,– Wakil Walikota Ir.H.Emzalmi,M.Si dan UPT Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Provinsi Sumatra Barat, siang tadi seusai sholat Jum’at,  meninjau jebolnya Pondasi dan Dam irigasi  Aia Dingin Koto Tuo.


Irigasi tersebut rusak berat akibat dihondoh  banjir bandang yang terjadi belasan  tahun yang lalu di Kota Padang.



Wawako menyampaikan, bahwa bendungan Air Dingin Koto Tuo telah belasan  tahun rusak akibat banjir bandang, sehingga saluran primernya  terutama yang sebelah kiri,  rusak berat dan tidak berfungsi. Akibatnya sawah yang dulu mendapatkan pengairan dari irigasi dari sungai Air Dingin  menjadi sawah tadah hujan. Akan  kekeringan jika musim panas. Selain itu  kolam-kolam ikan tidak dapat di manfaatkan masyarakat setempat.



Jika tidak segera direhabilitasi lebih kurang 3000 Ha lawan akan menjadi tadah hujan dan akan sulit para petani meningkatkan musim tanamnya menjadi 3 kali setahun. 

Menurut Emzalmi,  bendungan tersebut perlu segera di perbaiki. Dia telah mendesak Balai Sungai Wilayah V ( lima ) Sumatra  untuk memperbaikinya.


Pada tahun ini, menurut Emzalmi, Pemdakota Padang mendapat dana  anggaran 100 Miiliyar dari APBN, untuk perbaikan Sungai Air Dingin Koto Tuo dan sekalian memperbaiki bendungan yang rusak diterjang banjir bandang.

Salah seorang  tokoh masyarakat disana yang hadir saat kunjungan Emzslmi itu,  menyatakan, masyarakat siap membantu dan mendukung penuh suksesnya bendungan air dingin koto tuo,(DP).

By Pilar