Bukittinggi

​Drs H Syafrizal Ucok; Kontribusi Anggota DPRD Diperlukan Dalam Pembinaan Posyandu


PILARBANGSANEWS. COM. BUKITTINGGI,– Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal. MM membuka secara resmi Pelatihan Penguatan Sistem  Informasi Posyandu di Convention Hall Hotel Novotel Bukit Tinggi. Turut hadir pada acara ini ibu Dra. Armiati Rustam. MM anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Daerah Pemilihan Kabupaten Agam dan Kota Bukit Tinggi yang juga sebagai nara sumber. 


Bimtek dengan tema ” Melalui Pelatihan Penguatan Sistem Informasi Posyandu, Kita Tingkatkan Kualitas data dan Informasi Posyandu yang akurat, Tepat Waktu dan Tepat Guna”.



Dalam pidatonya Kepala Dinas mengatakan bahwa “kader Posyandu merupakan salah satu bentuk  Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat  (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari,  oleh  untuk dan bersama masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan”. 

Selanjutnya Pak Syafrizal mengatakan “pembinaan dan revitalisasi Posyandu merupakan program pemerintahan dalam memenuhi pelayanan sosial dasar kesehatan masyarakat dengan melibatkan instansi terkait sesuai dengan peran dan fungsi mading-masing, masyarakat dan lembaga terkait lainnya dalam rangka penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi”. 

Untuk itu pak Ucok panggilan akrab beliau mengatakan “bahwa peran pokok pikiran anggota DPRD sangat positif sekali dalam pembangunan apalagi dalam pembinaan kesehatan ibu dan anak. Pak Ucok juga sangat berharap sekali kepada ibu Armiati dan anggota DPRD lainnya untuk lebih bersinergi meningkatkan lagi peran dan perhatiannya dalam pelaksanaan pembangunan di daerahnya, dan lebih diutamakan lagi kepada kegiatan yang menyentuh langsung kepada kehidupan masyarakat.” sehingga kesejahteraan masyarakat semakin tercapai demikian pak Ucok menutup pidatonya. 

Selanjutnya panitia Bimtek ibu Dra. Indrawati Roza. MSi yang juga Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat mengatakan “Kegiatan ini diikuti oleh 160 kader Posyandu di Kabupaten Agam yang berasal dari Kecamatan Palupuah dan Palembayan. Dengan Nara Sumber dari DPRD Provinsi Sumatera Barat, dari Dirjen Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Operator Sistem Informasi Posyandu Pusat,  P3MD provinsi Sumatera Barat,  Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Dinas Pemberdayaan Desa Sumatera Barat dan dari PKK Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini dibiayai oleh APBD Provinsi Sumatera Barat”. Demikan dilaporkan.  (by. Akral)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *