PILARBANGSANEWS. COM. PADANG,– -Wawako Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si. mengatakan,  Indonesia satu satunya negara yang  memiliki beragam budaya, adat istiadat dan suku bangsa mulai dari Sabang sampai Merauke. Keberagaman adat, budaya dan agama itulah sebagai ciri khasnya bangsa Indonesia menjalin silaturahmi antar sesama.

“Perbedaan menjadi sebuah Rahmat untuk memperkokoh persaudaraan persatuan bangsa Bhinneka tunggal Ika,”/kata  Emzalmi menyampaikan sambutan di   kediaman Murhamsyah dari suku Melayu di Perumahan Jala Utama II Blok D3 No. 3 Parak Laweh Kota Padang,(Minggu 19/11/17).

Berbicara dihadapan kaum suku Maluyu Parak Laweh Kota Padang Emzalmi selanjutnya mengatakan, Konsep pendidikan budaya dan Agama menjadi Prolitas masyarakat Kota Padang. Kehidupan suatu bangsa erat sekali kaitannya dengan tingkat pendidikan. Pendidikan bukan hanya sekedar mengawetkan budaya dan meneruskannya dari generasi ke generasi, akan tetapi juga diharapkan dapat mengubah dan mengembangkan pengetahuan.

Pendidikan bukan hanya menyampaikan pengetahuan/ keterampilan yang sudah dikenal, tetapi harus dapat meramalkan bentuk dan  jenis keterampilan dan kemahiran yang harus dimiliki dimasa  datang, sekaligus menemukan cara yang tepat dan cepat supaya dapat dikuasai oleh anak didik.

Pendidikan merupakan usaha yang sengaja secara sadar dan terencana untuk membantu meningkatkan perkembangan potensi dan kemampuan anak agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya sebagai seorang individu dan sebagai warga negara/masyarakat, dengan memilih isi (materi), strategi kegiatan, dan teknik penilaian yang sesuai. Dilihat dari sudut perkembangan yang dialami oleh anak, maka usaha yang sengaja dan terencana tersebut ditujukan untuk membantu anak dalam menghadapi dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan yang dialaminya dalam setiap periode perkembangan.

“Dengan kata lain, pendidikan dipandang mempunyai peranan yang besar dalam mencapai keberhasilan dalam perkembangan anak,” ujanya

Wawako Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si. Menyampaikan, daerah Sumatra Barat khususnya di kota padang rawan bencana Gempa Bumi Tsunami. Maka dari dini kita harus tahu betul-betul dan dilakukan untuk mengidentifikasi potensi bencana gempa bumi dan tsunami di Kota Padang, meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan masyarakat dan sebagai dasar dalam mendukung perencanaan pembangunan yang berwawasan bencana,Ujarnya Wawako.

Sementara itu Desri Ayunda dalam sambitannya mengatakan,  warga kota Padang harus menerapkan  pola hidup sehat secara intens dengan  melakukan pembinaan dan menjembatani segala persoalan di tengah masyarakat. 

Untuk ini peran serta masyarakat  dalam mewujudkan forum kota sehat harus dimulai  dari lingkup terkecil, hingga nanti terlaksananya tatanan kota sehat menuju Padang Sehat 2017.

“Harapan kita benar-benar tercipta perilaku masyarakat yang proaktif untuk meningkatkan kondisi masyarakat dan mencegah ancaman timbulnya berbagai macam penyakit, serta terwujudnya perilaku masyarakat yang bebas pencemaran, pemukiman sehat, tata ruang yang sesuai, dan saling tolong menolong dalam mewujudkan pola hidup sehat,” Ujar Desri Ayunda.

Baik Emzalmi maupun  Desri Ayunda mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah kaum suku Malayu atas undangan   acara silahturahmi Akbar Dunsanak Suku Melayu, Anak Pisang, Urang Sumando. Di Parak Laweh Kotamadya Padang.

Ir. H. Syarbaini Datuk Khatib Sutan ninik mamak Suku Malayu  mengatakan, Emzalmi adalah sosok birokrat handal di Kota Padang. Keberhasilan pembangunan Kota Padang sampai saat ini, tak bisa dilepaskan dari lakek tangan Emzalmi, baik semasa menjadi Sekretaris Kota Padang maupun saat ini menjadi Wakil Walikota Padang. 

“Masyarakat Kota Padang harus tahu bahwa  keberhasilan pembagunan Kota Padang tidak terlepas dari l pemikiran Emzalmi dan sudah malang melintang di bidang birokrasi.  Banyak jabatan srategis yang dipegangnya. Sebelum menjabat Wakil Walikota, Pak Em adalah Sekdako Padang,” Ungkapnya Syarbaini.

Sosok anak Muda Desri Ayunda, Ungkapnya lagi, ditempa selama 29 tahun memimpin anak perusahaan PT Semen Padang, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sehingga diyakini mampu mendampingi Emzalmi sebagai manager Kota Padang 2018 nantinya,(DP).

By Pilar