Dharmasraya, Pilarbangsanews.com ,–Bumi Cati Nan Tigo Kabupaten Dharmasraya sukses menjadi tuan rumah finis Etape III Sijunjung Dharmasraya, bahkan Dharmasraya menjadi tuan rumah paling ramai diajang tahunan bergengsi untuk tingkat Internasional ini.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat  Ir. Oni Yulfian, M.BTM, saat dikonfirmasi mengaku bahwa Dharmasraya berhasil menjadi tuan rumah yang baik di ajang Tour de Singkarak 2017 ini.

“Kita lihat dimana-mana, warga antusias menyaksikan  dijalan-jalan ajang tahunan yang telah menjadi agenda pariwisata Indonesia ini,”jelasnya.

Dikatakan Oni, sepanjang kegiatan tour de Singkarak yang ada, Dharmasraya menjadi tuan rumah yang paling ramai dikunjungi warga disetiap sudut tempat dilalui para pembalap dari berbagai negara ini.

“Ini menunjukkan bahwa Dharmasraya sangat peduli untuk menyukseskan pegelaran ajang internasional, dan kita berharap kabupaten kota lain bisa mencontoh Dharmasraya,”tegasnya.

Sementara itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam sambutannya mengatakan selamat datang para pembalap dari seluruh negara yang mengikuti ajang tahunan dan merupakan event internasional diolahraga balap sepeda.

“Tour de Singkarak sudah digelar sebanyak 9 kali, sementara Kabupaten Dharmasraya ini kali kelima kita ambil bagian di ajang internasional ini,”jelasnya.

Kata Sutan Riska, bagi Kabupaten Dharmasraya event tour de Singkarak pada etape 3 ini yang jaraknya kurang lebih 161,4 KM sangat memberikan dampak positi bagi Dharmasraya untuk mempromosikan daerah, baik wisata alam maupun wisata kuliner dan disamping itu sebagai ajang hiburan bvagi masyarakat Dharmasraya.

“Alhamdulillah warga sangat antusias mengikuti acara ini, ini dibuktikan dari informasi yang kita dapat bahwa masyarakat berbondong bondong melihat langsung dan turun dilokasi yang dilalui oleh peserta tour de singkarak,”katanya.

Selain itu, kata Raja Koto Besar ini, jalan-jalan yang hampir rata-rata jalan nasional dan jalan provinsi menjadi mulus dengan adanya agenda Tour de Singkarak ini. 

“Kita berharap kedepan Provinsi dan Pusat terus membangun jalan yang ada di Dharmasraya, apalagi saat ini Dharmasraya untuk jalan beton terus dilakukan pembangunan. Kita kedepan siap menjadi tuan rumah Tour de Singkarak tidak hanya finis tetapi star  bahkan pembukaan tour de Singkarak di Dharmasraya,”tandasnya. ( Rjl/hms )

By Pilar