PILARBANGSANEWS. COM. SOLOK,–Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solok segera memiliki Ketua baru. Hari ini, lembaga yang memayungi seluruh cabang olahraga di Kota Solok itu, akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda). Musda dengan agenda memilih Ketua KONI Kota Solok periode 2017-2021 ini digelar di Aula SMPN 5 Kota Solok. Dua kandidat mengapung menjadi calon kuat. Yakni Sani Mariko dari cabang Balap Sepeda (ISSI) dan Nofrizal dari cabang Tarung Derajat (Kodrat).

Sani Mariko dan Nofrizal akan bersaing merebut simpati 31 cabor dari 33 cabor yang ada di Kota Solok. Ditambah masing-masing satu suara dari KONI Kota Solok dan KONI Provinsi Sumbar. Menurut rencana, Ketua KONI Sumbar Syaiful SH, MH akan hadir pada Musda ini.

Anggota Steering Comittee (SC) Musda pemilihan Ketua KONI Kota Solok, Yavis Yandri Thamsin, menyatakan dua cabor yang tidak memiliki hak suara pada adalah IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan FASI (Federasi Aerosport Seluruh Indonesia). Kedua Pengcab tersebut telah habis masa kepengurusannya dan belum melaksanakan Muskot. Serta tidak memiliki surat perpanjangan kepengurusan dari Pengprov masing-masing.

“Dari 33 cabang, ada Pengcab yang dinyatakan tidak memiliki hak pilih. Yaitu balap motor (IMI) dan paralayang. Ditambah dua suara dari KONI Sumbar dan KONI Kota Solok, jumlah suara yang sah menjadi 33 suara,” ujarnya.

Yavis berharap, pemilihan Ketua KONI Kota Solok akan berlangsung lancar dan tertib. Sehingga, Ketua yang baru bisa segera membentuk kepengurusan dan merangkul seluruh insan olahraga di Kota Solok.

“Kita berharap Musda pemilihan nanti berjalan lancar dan ketua yang baru nantinya bisa bersatu dan merangkul semua pihak. Sehingga sebagai lembaga yang memayungi cabang olahraga di Kota Solok, KONI Kota Solok bisa mempersembahkan prestasi terbaik,” harapnya. (rijal islamy)

By Pilar