Puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2017 dan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-72 yang jatuh pada tanggal 25 Nopember 2017 untuk tingkat Kota Bukittinggi diperingati dalam bentuk upacara yang diikuti ole ribuan guru mulai dari tingkat TK sampai SLTA se-Kota Bukittingg yang dilaksanakan di halaman SMA 1 Unggul Bukittinggi, Sabtu (25/11).

Peringatan Hari Guru Tahun ini bertemakan “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja untuk Penguatan Pendidikan Karakter” bertindak selaku Pembina upacara Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan beserta Kepala Bidang dan yang mewakili Kemenag Kota Bukittinggi. 

Dalam sambutannya Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Dr.Unifah Rosyidi yang dibacakan oleh  Wakil Walikota Irwandi mengingatkan tentang sosok guru dan sikap sejati seorang pendidik.

“sosok guru yang inspiratif adalah para guru yang mengedepankan sikap teladan, bijak penuh welas asih, memiliki disiplin diri yang kuat, mengedapankan kata – kata yang positif, tidak segan memberikan apresiasi kepada hasil karya siswa serta menghormati mereka tanpa pilih kasih, itulah sikap sejati pendidik”, ujarnya. 

Disamping itu Irwandi mengajak para guru, pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengamalkan jati diri PGRI, melaksanakan kode etik dan selalu meningkatkan komitmen dan profesionalisme dengan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik. 

Pada kesempatan itu Irwandi juga mengucapkan selamat Hari Guru dan HUT PGRI ke-72 kepada semua guru yang ikut pada upacara tersebut.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Bukittinggi kami mengucapkan Selamat Hari Guru dan Hari Ulang Tahun PGRI ke 72, mari perkuat sinergitas dan kerjasama antara guru, orang tua dan masyarakat sebagai Tri Pusat Pendidikan sehingga anak – anak kita tumbuh sehat jasmani dan rohani dan dapat belajar dengan sebaik – baiknya”, ucapnya.

Jamal Abdul Nasser, panitia peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tahun 2017  ini menjelaskan bahwa dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tahun ini telah dilaksanakan beberapa kegiatan perlombaan dan pertandingan olahraga dan kesenian antar sesama guru dan tingkatan mulai dari TK sampai SLTA  yakni Volley Ball, Tenis Meja, Tarik Tambang, Bulu Tangkis, Solo Song, Melukis, dan MTQ.

Diakhir upacara Wakil Walikota menyerahkan penghargaan kepada guru yang telah meraih prestasi baik tingkat Nasional maupun Propinsi antara lain kepada, Gantino Habibi sebagai Ka.SD Berprestasi Tingkat Nasional dari SD S Al Azhar, Ikhsanul Arif sebagai Guru berprestasi Tingkat Nasonal dari SD S Al Azhar, Erlin Fitria dari MAN 1 sebagai pustakawan berprestasi Nasonal dan Yefilindawati dari SMK N 1 sebagai Tenaga Administrasi Berprestasi Tingkat Nasional. Disamping itu juga diserahkan penghargaan kepada Pengawas, Kepala sekolah dan Guru yang meraih prestasi di Tingkat Propinsi.

Usai upacara dilanjutkan dengan dialog dan tanya jawab guna peningkatan kualitas dunia pendidikan di Kota Bukittinggi antara Wakil Walikota dengan para Kepala sekolah yang dimoderatori oleh Jamal Abdul Naser.(Ylm)
 
 

By Pilar