PILARBANGSANEWS.COM. SOLOK,– Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan SIK MH, mendapat gelar kehormatan dari Kerapatan Adat Nagari dan LKAAM Solok sebagai  DT Pandeka Rajo Mudo.

Pandangan jauh lah dilayangkan padangan hampiah lah ditukiakkan“, secaa ringkas maksud/arti pepatah ini bahwa  pemberian gelar Datuk Panduko Rajo Mudo kepada AKPB Dony Setiawan telah melalui proses pengamatan yang berlanjut dan terukur, selama yang bersangkutan bertugas  sebagai Kapolres Solok Kota.

LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau) Solok maupun KAN (Kerapatan Adat Nagari) di Solok menilai AKBP Dony Setiawan selama dia bertugas selalu   berkoordinasi dengan tokoh tokoh adat serta mampu mengembalikan/menciptakan keamanan dari kegaduhan yang pernah terjadi dikota itu. Dan yang ke-3, yang bersangkutan ikut  melestarikan nilai nilai adat dan budaya  di Kota Solok.

Prosesi malewakan gelar yang diberikan kepada AKBP Dony Setiawan, dilaksanakan Sabtu malam (25/11), bersamaan dengan acara  Malam Basilahturahmi Silek Tuo Pusako Lamo II dan Basilumuh Kota Solok 2017,  diawali dengan Pembacaan surat keputusan adat Kota Solok, Pemasangan deta oleh tuo silek kota solok, Pemasangan kain sarung dan Penyerahan surat keputusan lembaga adat kepada AKBP Dony Setiawan SIK MH.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, diarak bersama sama kedalam gelanggang, dihimbaukan (diberitahukan)  ke labuah nan rami, bahwa yang bersangkutan telah resmi menyandang gelar Datuak kehormatan .

Hadir dan memberikan sambutan  pada acara tersebut, Ketua LKAAm Kota Solok, Ketua DPRD Kota Solok,  Walikota Solok dan Gubernur Sumbar diwakili  Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum sekaligus membuka kegiatan kegiatan alek Silaturahmi tersebut.

Acara silaturahmi selian juga memperingati HUT Kota Solok, sekaligus untuk melastarikan budaya olahraga bela diri Minangkabau dan menjalin hubungan silahturahmi antara sesama pesilat yang ada di kota Solok serta  menanamkan nilai – nilai luhur silat kepada masyarat Minang Kabau khusus generasi muda di Kota Bareh Tanamo ini. (DS/YY) 

By Pilar