PILARBANGSANEWS. COM. PAINAN,–
Hujan yang mengguyur tak merata dan sebentar sebentar  teduh, telah mengakibatkan longsor di Bukit Painan, dekat stasiun sebuah pemancar televisi  swasta sekitar 1 KM dari Kota  Painan ibukota Pesisir  Selatan, Sumbar arah ke Tapan.

Roby Binur kontributor Pilarbangsanews.com dari lokasi melaprkan, longsor itu terjadi sekitar  pukul 17:05/WIB saat longsor terjadi hujan tidak begitu lebat.

Tiba tiba terdengar suara gemuruh, pohon pohon kayu yang ada di sisi tebing  bukit ikut meluncur bersama tanah bukit dan menimbun badan jalan.

Ada satu titik longsor menimbun badan jalan, diperkirakan menimbun badan jalan sepanjang 10Meter. Namun karena bahan meterial yang menimbun badan jalan kubikasi volumenya cukup banyak sehingga jalan tak dapat dilewati kendaraan roda 2 apalagi roda 4.

Kasat Lantas Polres Pesisir Selatan Iptu Ghanda Novidiningrat SIK, saat ini berada di lokasi tanah longsor itu. Menurut dia kini pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui PU Bina Marganya telah menurunkan alat berat ke lokasi longsor.

“Malam ini juga diupayakan badan jalan yang tertimbun tanah longsor ini kita bersihkan agar arus lalulintas kembali pulih,” kata Ghanda yang nampak hadir bersama beberapa anggotanya dan baju Ghanda  basah diguyur gerimis.

Kasat belum bisa memastikan apakah saat terjadi longsor ada pengguna jalan yang sedang melintas dan tertimbun tanah longsor.

“Kita berharap tidak ada korban jiwa maupun kerugian  harta benda akibat longsor ini,” katanya.

Ratusan kendaraan roda dua dan roda empat kini terjebak longsor dan tak dapat melanjutkan perjalanan menuju arah ke Padang maupun ke Tapan, Bengkulu atau Sei Penuh.(Robi B/YY)

By Pilar