PILARBANGSANEWS.COM.JAYAPURA,– Aksi penembakan oleh KKP (Kelompok Kriminal Bersenjata)  terhadap konvoi kendaraan di Mile  60 kembali terjadi   hari ini Jumat tanggal 01 Desember 2017, sekira pukul 10.10 Wit.

Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Papua, AKBP Suryadi Diaz dalam keterangan persnya mengatakan, kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembak  konvoi kendaran Trailer yang sedang melintas dari Tembagapura menuju ke Timika.

Peristiwa penembakan oleh KKB Itu  terjadi  sekira pukul 10:10 WIT. Sebelumnya, terlihat Konvoi kendaraan Trailer dari Mile 64 bergerak dari Tembagapura menuju Timika. Saat melintas  di jalan tambang Mile 60, tiba tiba konvoi  dihujani tembakan.

“Ahmad Susanto (34th) dan Puryanto (56) dalam iring-iringan itu berada  di tengah Konvoi Trailer, tiba tiba kedua  ditembak oleh Kelompok KKB dari sebelah bukit kanan dan mengenai Helm. Akibat tembakan itu  korban tidak konsen mengendarai kenderaannya, korban  panik sehingga salah satu trailer menerjang tanggul ke tepi jurang. Saat itu  kedua korban keluar dari kendaraan masing-masing untuk mencari posisi perlindungan ditempat yang aman.” beber AKBP Suryadi Diaz dalam siaran persnya.

Kemudian pada pukul  10.15 Wit, datang menyusul kendaraan lainnya dengan nomor lambung 01-2586, dikemudikan Yusuf ID905528, tiba di TKP Mile 60, guna melakukan  evakuasi terhadap korban Ahmad Susanto.
Selain kendaraan tang disopiri Yusuf, ada  Ambulans nomor lambung 01-4443 yang dikemudikan Sugeng datang menyusul  unruk mengevakuasi korban Puryanto ke RS Mile 68 Tembagapura.

Sampai  di Rumah Sakit Tembaga Pura kedua korban mendapat pertolongan tindakan medis diruangan Emergensi. 

Akibat terjadinya aksi penembakan di Mile 60 Convoi kendaraan Trailer dari dan yang menuju Lowland-Highland hari Jum’at terpaksa dibatalkan.
Saat petugas melakukan evakuasi terhadap Driver” yang Masih tertahan di MP58 & MP61 untuk selanjutnya di bawa ke 66 Depot Transport KPI.

Setelah dilakukan evakuasi terhadap salah satu korban ke RS Tembagapura. Pukul 11.25 WIT, kendaraan LWB milik Satgas Amole membawa  Kaops Amole Kombes Pol Yan F. Kaiway juga ditembaki oleh KKB.

Beruntung dalam serangan peluru dari KKB itu tidak tepat mengena  sasaran, hanya mengenai kaca sebelah kanan. Serpihan kaca itu mengenai menyebabkan  pelipis dari Bripda Rony Dwi Kristiawan mengalami luka.

Sementara korban masih dilakukan perawatan intensif di RS Tembagapura. Pada pukul 11.40 Wit, terjadi aksi penembakan di Mile 61 terhadap kendaraan patroli zona yg mengenai dinding sebelah kanan tembus dan bersarang di armour. Tidak ada korban luka tembak maupun korban meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs. AM. Kamal, SH mengatakan, kami telah melakukan langkah-langkah kepolisian,  dengan cara memburu   para pelaku yang mereka diduga berasal dari kelompok yang selama ini melakukan aksi terror di kawasan pertambangan Tembagapura. (YY)

By Pilar